Sukses

Diabetes hingga Obat, 7 Hal Ini Sebabkan Memar di Tubuh Tanpa Disadari

Pernahkah kamu mendapati memar yang muncul di bagian tubuh tertentu tanpa disadari penyebabnya?

Liputan6.com, Jakarta - Pernahkah kamu mendapati memar yang muncul di bagian tubuh tertentu tanpa disadari penyebabnya? Ada yang mengaitkan kondisi ini dengan hal mistis seperti dicubit setan. Padahal, terdapat penjelasan logis terhadap kondisi ini.

Melansir dari Boldsky, berikut 7 hal yang bisa menyebabkan munculkan secara tiba-tiba di tubuh.

1. Olahraga

Salah satu alasan dari munculnya memar tanpa diketahui adalah olahraga terutama yang terlalu berat. Pasalnya, olahraga akan menempatkan banyak tegangan di otot yang kemudian menyebabkan pecahnya pembuluh darah sehingga menyebabkan memar.

2. Penuaan

Saat menua, produksi kolagen serta lapisan lemak yang melindungi kulit akan menurun. Hal ini membuat seseorang jadi mudah mengalami memar terutama ketika usianya di atas 60 tahun.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

3. Gangguan darah

Gangguan darah seperti hemofilia dapat membuat kamu mendapat memar dengan sangat mudah. Bahkan, kontak fisik yang begitu ringan bisa menyebabkan memar. Dalam beberapa kasus, memar karena gangguan darah ini juga bisa berujung pada indikasi gejala kanker darah.

4. Diabetes

Bercak atau memar di kulit pada area tertentu dapat menjadi indikasi dari gejala awal diabetes. Ini terjadi karena adanya pendarahan kapiler internal karena pembuluh darah yang lemah sehingga mudah terjadi memar.

5. Konsumsi obat

Mengonsumsi beberapa obat-obatan tertentu dapat menyebabkan memar di kulit. Obat-obatan yang dapat membuat hal tersebut terjadi adalah aspirin, kontrasepsi, juga steroid.

 

3 dari 3 halaman

6. Purpura dermatosis

Merupakan kondisi kulit yang menyebabkan darah keluar dari kapiler kecil sehingga memar keunguan akan muncul. Bila kasusnya amat parah, kondisi kulit ini bisa menimbulkan rasa gatal.

Salah satu cara menangkal gangguan ini adalah dengan mengoleskan krim tabir surya tiap kali akan beraktivitas ke luar ruangan.

7. Kekurangan vitamin C

Vitamin yang satu ini sangat penting untuk membantu menyembuhkan luka dan pembentukan kolagen. Kekuragan Vitamin C akan berujung pada pembuluh darah kecil yang pecah sehingga menimbulkan memar.

Reporter: Rizky Wahyu Permana

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.