Sukses

5 Etika Menggunakan Kendaraan Umum, Biar Sama-Sama Nyaman

Sebenarnya kamu tahu tidak jika dalam menggunakan kendaraan umum ada etikanya juga

Liputan6.com, Jakarta - Menunjang aktivitas sehari-hari dan untuk keperluan mobilitas, kendaraan merupakan hal yang penting dalam kehidupan manusia. Di zaman sekarang ini, sudah banyak jenis kendaraan yang bisa dijadikan pilihan moda transportasi salah satunya kendaraan umum.

Tentunya tidak semua orang memiliki kendaraan pribadi. Ada juga yang lebih senang memanfaatkan kendaraan umum karena saat ini sudah banyak kemudahan pada kendaraan umum tersebut. Tidak hanya harganya saja yang lebih terjangkau dari pada harus selalu membawa kendaraan pribadi, transportasi umum juga memiliki banyak pilihan.

Kamu suka menggunakan kendaraan umum seperti apa? Commuter line, angkot, bis, taksi atau ojek. Sebenarnya kamu tahu tidak jika dalam menggunakan kendaraan umum ada etikanya juga loh. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut etika saat menggunakan transportasi umum.

1. Wajib antre dengan tertib

Kebiasaan ini seringkali diabaikan oleh pengguna moda transportasi umum. Banyak yang berdalih ingin cepat sampai atau ingin mendapatkan tempat yang nyaman di kendaraan. Jika kamu bersikap seperti ini, tentu orang lain juga akan mengikuti sikapmu.

Ternyata tidak ada salahnya juga untuk mengantre, karena yang ingin menggunakan kendaraan tidak hanya kamu saja tetapi orang lain juga. Jadi bersikap sedikit sabar ya dan mau mengantre demi ketertiban.

2. Beri tempat duduk kepada yang lebih membutuhkan

Untuk urusan ini biasanya terjadi di bis atau kereta karena kapasitasnya yang mampu mengangkut banyak orang. Jadi tidak ada salahnya juga kamu memberikan kursi kepada seseorang yang lebih membutuhkan, seperti ibu hamil, orang disabilitas, pengguna lanjut usia dan ibu membawa balita. Jika kamu masih mampu berdiri, jangan lupakan hal ini.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Sebaiknya tidak membawa barang berlebihan

Ketika musim libur tiba, biasanya banyak orang yang akan pergi untuk berlibur dan membawa banyak barang. Ini juga menjadi hal yang harus diperhatikan.

Jangan membawa banyak terlalu berlebihan apalagi sampai menghabiskan tempat yang cukup besar. Kamu juga harus memperhatikan kenyamanan orang lain.

4. Jangan merusak fasilitas dalam kendaraan umum

Kamu sering menggunakan transportasi umum, kamu juga perlu memperhatikan fasilitasnya. Fasilitas umum tersebut seperti kursi, tirai atau yang lainnya. Hindari mengotori atau merusak fasilitas yang tersedia.

5. Jaga etika dan ikuti aturan

Agar perjalanan kamu dan penumpang lain terasa nyaman tentunya kamu perlu mengikuti etika dan aturan yang diberlakukan dalam kendaraan tersebut. Contohnya jangan merokok, membuang sampah sembarangan, kentut, atau ketika kamu mendengarkan musik dan menerima telepon usahakan jangan mengeluarkan suara terlalu keras. Kamu akan mengganggu penumpang lain.

Hal ini juga berlaku di tempat-tempat umum lainnya. Budayakan tertib dan teratur.

 

Penulis:

Nihlah Fauziyatul Wafa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.