Sukses

Suka Mengunyah Es Batu, Ternyata Ini Manfaatnya

Liputan6.com, Jakarta - Bagi sebagian orang, melihat atau mendengar suara gigitan es batu menimbulkan rasa ngilu di gigi. Tapi ada juga yang suka bahkan tergiur untuk melakukan apa yang dilihat dalam video itu yakni memakan es batu.

Tapi tahukah kamu jika orang yang suka memakan es batu secara medis dikenal dengan istilah pagophagia. Es batu merupakan hasil dari pembekuan air dan tidak menawarkan manfaat nutrisi bagi tubuh.

Namun, mengunyah sedikit es batu rupanya memiliki manfaat positif untuk menjaga aliran udara dalam tubuh. Tentunya kegiatan ini tidak boleh dilakukan terus menerus dan menjadi kebiasaan karena dapat menyebabkan kerusakan gigi.

Berikut manfaat mengunyah es batu bagi tubuh:

1. Mengatasi mual

Mengunyah bisa jadi salah satu cara untuk mengatasi rasa mual. Sebuah layanan kesehatan di Amerika Serikat merekomendasikan es batu yang memiliki rasa untuk pasien kanker yang mengalami mual dan muntah. Seperti, es batu yang terbuat dari buah atau bahan-bahan sehat lainnya untuk memberikan nutrisi sehat dan membantu mengatasi rasa mual.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

 

2 dari 2 halaman

2. Menstabilkan ion

Dalam sehari, tubuh memerlukan sekitar 2 liter air yang setara dengan delapan gelas air. Asupan cairan dalam tubuh membantu berbagai proses dalam tubuh yakni mengangkut nutrisi, membantu sistem pencernaan, dan menghapus produk limbah tubuh.

Sementara es mampu membantu menurunkan suhu tubuh. Serta mengunyah sedikit potongan es, dapat membantu kamu menenangkan diri dan dapat mengstabilkan ion-ion di dalam tubuh.

Penulis:

Nihlah Fauziyatul Wafa