Sukses

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia, Berikut Pengertian dari Para Ahli

Tujuan perusahaan dipengaruhi efektivitas manajemen SDM.

Liputan6.com, Jakarta Dunia perusahaan tak bisa lepas dari manajemen sumber daya manusia. Dengan adanya manusia sebagai karyawan maka sebuah perusahaan mampu bergerak dan menghasilkan suatu produk. Dan dari produk itu kemudian perusahaan bisa mendapatkan keuntungan. 

Melihat pentingnya peran SDM di perusahaan, maka perlu adanya suatu cara untuk membuat karyawan dapat diberdayakan secara efektif dan efisien. Cara itulah yang disebut dengan manajemen sumber daya manusia atau SDM.

Untuk mengetahui manajemen SDM, Rabu (16/1/2019) kali ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber tentang tujuan manajemen sumber daya manusia sebagai bagian kesuksesan perusahaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pengertian Manajemen Sumber Daya Manusia

Dalam dunia manajemen terdapat beberapa tujuan manajemen sumber daya manusia sesuai dengan fungsi dan peran. Sebelum membahas tujuan manajemen sumber daya manusia, sebaiknya pahami dahulu pengertiannya.

Manajemen Sumber Daya Manusia atau disingkat MSDM adalah upaya mengatur sumber daya untuk mencapai tujuan organisasi. MSDM adalah bagian penting dalam berdirinya perusahaan yang sukses.

Menurut Achmad S. Rucky manajemen sumber daya manusia adalah bentuk aplikasi yang tepat dalam efesiensi. Hal itu berkaitan dengan pemanfaatan, akusisi, pengembangan dan pemeliharaan SDM yang dipunyai pelh organisasi untuk mencapai tujuannya. Achmad S. Rucky  adalah seorang penulis bidang manajemen dan pernah menduduki posisi Komisaris Utama di sebuah BUMN. 

Sementara itu, menurut Henry Semamora, penulis buku Manajemen Sumber Daya Manusia (2004), manajemen sumber daya manusia adalah pemanfaatan, pengembanagan, pelayanan, penilaian dan manajemen pembalasan utuk individu yang merupakan anggota organisasi kerja.

Jadi secara umum, manajemen sumber daya manusia adalah potensi yang merupakan aset dan berfungsi sebagai modal (non material/non finansial) di dalam organisasi bisnis. Hal itu bisa diwujudkan menjadi potensi nyata (real) secara fisik dan non fisik dalam mewujudkan eksistensi organisasi 

3 dari 4 halaman

Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia

Tujuan manajemen sumber daya manusia adalah untuk mengoptimalkan kegunaan dari seluruh pekerja dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Selain itu tujuan manajemen sumber daya manusia juga dapat diartikan sebagai sarana membantu para manajer fungsional atau manajer lini supaya mampu mengelola seluruh pekerja dengan cara-cara yang lebih efektif.

- Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Barry Cushway, penulis buku Human Resource Management (1996):

Terdapat lima macam tujuan manajemen sumber daya manusia menurut Cushway, Kelima tujuan manajemen tersebut meliputi:

1. Membuat kebijakan dan pertimbangan. Tujuan manajemen adalah untuk membuat sebuah perusahaan memiliki motivasi kerja tinggi maka dibutuhkan suatu kebijakan dimana memberi pertimbangan yang kemudian diputuskan oleh pihak manajer.

2. Membantu perusahaan mencapai tujuan

3. Memberikan dukungan

4. Menyelesaikan masalah

5. Media komunikasi terbaik

 

- Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia Menurut Sedarmayanti, penulis buku Sumber Daya Manusia Dan Produktivitas Kerja (2009):

Tujuan manajemen sumber daya manusia terdapat 4 tujuan, yakni:

1. Tujuan SosialTujuan ini adalah organisasi bertanggung jawab secara social terhadap tantangan dan keperluan yang terjadi di masyarakat khususnya diruang lingkup organisasi dan mengurangi efek dampak negative atau merugikan yang akan muncul.

2. Tujuan Organisasional

Tujuan manajemen sebagai organisasional adalah sasaran-sasaran formal yang disusun guna membantu perusahaan dalam mencapai tujuannya. Tujuan ini mengenalkan bahwa manajemen sumber daya manusia itu ada (exist).

3. Tujuan Fungsional

Tujuan manajemen sumberdaya manusia selanjutnya adalah tujuan fungsional atau functional objective. Yakni untuk mempertahankan konstribusi dari sumber daya manusia ditiap departemen perusahaan yang dibutuhkan. Sumber daya tersebut dipelihara agar memberikan konstribusi yang optimal.

4. Tujuan Individu Atau Tujuan Pribadi

Dalam organisasi juga harus diperhatikan oleh setiap manajer, terutama manajemen sumber daya manusia, dan harus diarahkan dengan tujuan organisasi secara keseluruhan (overall, organizational objectives). 

Dengan demikian tujuan personal atau individual setiap anggota organisasi harus diarahkan pula untuk tercapainya tujuan organisasi. Tujuan individu digunakan sebagai motivasi para karyawan untuk lebih berkontribusi dalam melaksanakan tugasnya di dalam organisasi.

Sebagai suatu ilmu, konsep manajemen bersifat universal. Sumber daya manusia merupakan salah satu faktor kunci dalam perubahan dan memiliki keterampilan serta berdaya saing tinggi dalam persaingan global yang selama ini kita abaikan.

4 dari 4 halaman

Perusahaan butuh manajemen SDM

Dengan ditawarkannya tujuan manajemen sumber daya manusia diatas, megapa sebuah perusahaan membutuhkan manajemen sumber daya manusia? Apakah tanpa manajemen sumber daya manusia, maka tujuan perusahaan akan sia-sia?

Jawabannya adalah iya.

Alasannya, perusahaan membutuhkan manajemen sumber daya manusia agar mampu menciptakan keseimbangan antara tujuan, sasaran dan kegiatan-kegiatan dari berbagai pihak. Selain itu tujuan manajemen sumber daya manusia juga dibutuhkan untuk mencapai efisiensi dan produktifitas kerja.

Tanpa ada tenaga kerja karyawan maka tujuan perusahaan tersebut tidak bisa tercapai. Maka dari itu sangat penting manajemen sumber daya manusia sejak awal seperti sejak rekruitmen SDM.

Jadi secara keseluruhan, tujuan manajemen sumber daya manusia adalah memperbaiki kontribusi produktif orang-orang atau tenaga kerja terhadap organisasi atau perusahaan dengan cara yang bertanggungjawab secara strategis, etis dan sosial.

Demikianlah ulasan tentang pengertian manajemen sumber daya manusia dan Tujuan Manajemen Sumber Daya Manusia. Semoga dengan artikel diatas dapat menambah pengetahuan dan wawasanmu terhadap tujuan manajemen sumber daya manusia.

Reporter: Loudia Mahartika

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini