Sukses

Anomali Adalah Keanehan, Contoh kasus dan Macam Macam Bentuknya

Anomali adalah penyimpangan atau keanehan yang terjadi atau dengan kata lain tidak seperti biasanya.

Liputan6.com, Jakarta Pengertian anomali adalah suatu keganjilan, keanehan atau penyimpangan dari keadaan biasa/normal yang berbeda dari kondisi umum dalam suatu lingkungan. Anomali adalah secara umum mengandung dua dimensi, yaitu dimensi fisik dan dimensi perilaku. Dari dimensi fisik anomali digambarkan sebagai suatu penyimpangan satu bagian atau bahkan tubuh manusia secara keseluruhan. Anomali adalah dilihat dari segi dimensi perilaku anomali yang banyak diadaptasi dari ilmu sosiologi, psikologi, dan ekonomi.

Pengertian anomali adalah menurut penulis C.P. Chaplin suatu penyimpangan secara individu maupun sosial. Sebagai contoh dalam bidang ekonomi, anomali dilihat pada penyimpangan keadaan harga dari harga yang seharusnya berlaku.

Anomali adalah secara umum mengandung kelemahan yaitu kurang punya kekuatan untuk bisa melakukan suatu perubahan ketika kondisi mayoritas tersebut dihadapkan kepada norma, yaitu ketentuan hukum, aturan maupun toleransi sosial yang berlaku. Misalnya dalam bidang politik. Dapat diambil contoh dalam lingkungan dimana aktivitas korupsi telah menjadi sesuatu hal yang biasa, justru orang atau pejabat yang tidak melakukan korupsi ini yang akan dianggap sebagai anomali. Anomali adalah sendiri tidak lagi berbicara sekedar penyimpangan dari hal yang biasa atau umum atau kondisi mayoritas, tapi secara lebih luas meliputi penyimpangan dari norma yang seharusnya, sesuai aturan ketentuan, hukum maupun toleransi sosial dan kaitannya dengan kedudukan dan peran seseorang dalam suatu lingkungan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Anomali dari segi norma sosial

Istilah anomali adalah dalam sisi norma ini dapat dipakai untuk menunjukkan perilaku pejabat pemerintahan yang menyimpang dari fungsi-fungsi pemerintahan, ataupun anggota legislatif yang menyimpang dari norma kelembagaan legislatif.

Selain secara umum dan norma, anomali juga digunakan dalam bidang yang spesifik atau khusus, yaitu secara linguistik dan teknis. Sementara secara teknis, anomali berarti penyimpangan dari keseragaman bentuk dan sifat fisik serta seringkali menjadi perhatian untuk diekplorasi. Misalnya, anomali waktu-lintas, anomali magnetik. Lebih jelasnya, berikut macam-macam anomali yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber Selasa (15/1/2019).

3 dari 5 halaman

Macam macam Anomali

1. Anomali data

Anomali data adalah data-data yang menyimpang yang tidak diharapkan yang timbul dari proses-proses tertentu.

2. Anomali air

Anomali air adalah ketidakteraturan air dalam proses menyusut dan memuai, yaitu jika air dipanaskan sampai diatas suhu 4 derajat Celcius maka air akan memuai, tetapi air justru menyusut jika di panaskan diantara 0 derajat Celcius sampai dengan 4 derajat Celcius.

3. Anomali pasar

Anomali pasar adalah suatu fenomena di pasar yang terdapat hal-hal yang tidak seharusnya atau terdapat suatu keadaan yang menyimpang dari hipotesis pasar yang efisien. Beberapa contoh anomali pasar :

Firm Anomalies (Anomali Perusahaan)Seasonal Anomalies (Anomali Musiman)Event Anomalies (Anomali Peristiwa atau Kejadian)Accounting Anomalies (Anomali Akuntansi)

4. Anomali Cuaca

Anomali cuaca adalah kondisi tidak teraturnya cuaca yang menyimpang dari keadaan normalnya secara rata-rata. Pendek kata, arti anomali cuaca adalah fenomena cuaca yang tidak seperti biasanya.

Contoh anomali cuaca : badai salju yang menghantam Amerika Selatan.

4 dari 5 halaman

Anomali dalam dunia kedokteran

1. Anomali penyisipan

Anomali penyesipan adalah eror atau kesalahan yang terjadi sebagai akibat operasi menyisipkan record pada sebuah relasi.

2. Anomali penghapusan

Anomali penghapusan adalah eror atau kesalahan yang terjadi sebagai akibat operasi penghapusan terhadap record dari sebuah relasi.

3. Anomali Peremajaan

Anomali peremajaan adalah eror atau kesalahan yang terjadi sebagai akibat operasi perubahan record dari sebuah relasi.

5 dari 5 halaman

Contoh kasus Anomali

Sejumlah daerah dilanda hujan lebat disertai angin kencang akhir-akhir ini, sedangkan di daerah lain, sudah masuk ke musim kemarau, bahkan sudah menimbulkan kekeringan. Salah satu daerah yang terdampak kekeringan adalah Daerah Istimewa Yogyakarta. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) melansir, sejak 18 Juni, hujan lebat, petir, angin kencang, serta gelombang tinggi disebabkan sirkulasi siklonik yang terbentuk di sebelah barat Sumatera. Siklonik itu membawa masa udara basah dari Samudra Hindia. Akibatnya, pembentukan awan hujan mudah terjadi di hampir seluruh Indonesia Barat dan Tengah serta sebagian wilayah Papua.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan Kabupaten Gunung Kidul di Daerah Istimewa Yogyakarta didera kekeringan signifikan. Wilayah yang terdampak meliputi 11 kecamatan. Yakni, Kecamatan Girisubo, Ngelipar, Paliyam, Panggang, Purwosari, Rongkop, Tanjungsari, Tepus, Ngawen, Ponjong, dan Gedangsari. Kepala Humas BMKG Hary Tirto Djatmiko mengatakan, meski tersebar luas, potensi cuaca ekstrem berupa hujan lebat tidak merata di seluruh Indonesia. Ada beberapa wilayah yang mengalami hari tanpa hujan (HTH) ekstrem selama lebih dari 60 hari.

Wilayah-wilayah tersebut, antara lain, Jawa Tengah bagian utara, Yogyakarta, Jawa Timur bagian timur, Bali, dan Nusa Tenggara. "Jadi, Yogyakarta masuk di wilayah dengan HTH ekstrem," kata Hary kepada Liputan6.com, Rabu (26/6/2018).

Hari tanpa hujan tersebut, terjadi di wilayah dengan curah hujan di bawah 50 milimeter per 10 hari. Berdasar analisis dasarian ketiga BMKG Juni 2018, wilayah lain dengan curah hujan serendah itu, antara lain, sebagian Riau, Majalengka, sekitar Cirebon, Jawa Tengah bagian timur sampai Bali bagian barat, Nusa Tenggara, dan Papua Barat bagian selatan.

"Juga sebagian besar Papua, kecuali sekitar Pegunungan Jaya Wijaya," ujar Hary.

Kapusdatin dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho menyatakan, kekeringan di Kabupaten Gunung Kidul mengganggu kehidupan setidaknya 32 ribu kepala keluarga (KK) atau 96.423 jiwa. Masyarakat di lokasi itu sangat membutuhkan bantuan air bersih. Sutopo memperkirakan kemarau berlangsung hingga Oktober mendatang."Ini dapat menimbulkan berbagai masalah terkait penyediaan air bersih," kata Sutopo.

BPBD Kabupaten Gunung Kidul sejauh ini berupaya mendistribusikan air bersih sebanyak 5.000 liter. Dimuat dalam 3.360 truk tangki air bersih dengan distribusi 24 mobil tangki air per hari. Sudah ada 6 unit armada mobil tangki dengan kapasitas 5.000 liter lengkap dengan diesel pompa air, pipa, dan selang.

"Pendistribusian air bersih sudah dimulai tanggal 4 Juni sampai sekarang," jelas Sutopo.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai anomali adalah sebuah keanehan serta macam-macamnya.

 

Reporter: Afifah Cinthia Pasha

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.