Sukses

Dijamin Ampuh, Begini Cara Mudah Hilangkan Cegukan dalam Sekejap

Cara mudah ini dijamin ampuh loh atasi cegukan.

Liputan6.com, Jakarta Cegukan menjadi hal yang cukup mengganggu. Terlebih lagi suara dari cegukan mampu mengganggu kita untuk berkonsentrasi saat bekerja.

Cegukan seringkali terjadi ketika saluran pernapasan tersumbat oleh makanan. Tak hanya itu, pasokan oksigen yang berlebih pada tubuh juga bisa menyebabkan munculnya cegukan.

Berdasarkan penjelasan ilmiah, cegukan merupakan kontraksi tiba-tiba pada diafragma yang menyebabkan ruang antar pita suara menutup sehingga menyebabkan suara 'hik' yang terjadi berulang-ulang. Cegukan ini kerap kali terjadi secara tiba-tiba dan terkadang membutuhkan waktu cukup lama untuk hilang.

Banyak dari kita yang yakin salah satu cara yang dipercaya mampu menghilangkan cegukan adalah dengan minum air putih. Namun jika cara tersebut tak berhasil, masih ada beberapa langkah yang bisa dilakukan loh.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cara mudah

Contohnya saja seperti cara yang satu ini. Hanya dengan 15 detik, kalian bisa menghilangkan cegukan dengan seketika. Lantas seperti apa caranya? Ini dia.

1. Hirup udara sebanyak mungkin, dan penuhi paru-paru kamu dengan udara.

2. Ketika kamu sudah menghirup udara sebanyak mungkin, cobalah lagi untuk menghirup lebih banyak udara. Tetap fokus dan berusaha untuk hirup lagi sebanyak-banyaknya udara.

3. Jika sudah, tahan napas selama 10 detik penuh.

4. Terakhir, sebelum menghembuskan napas, coba telan udara tersebut.

5. Tunggu beberapa saat, cegukan kalian akan segera hilang.

Reporter : Rizky Wahyu Permana

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.