Sukses

Sering Gatal, Ternyata 14 Cacing Langka Bersarang di Mata Wanita Ini

Cacing tersebut berkembang biak karena sengatan lalat.

Liputan6.com, Jakarta - Apa yang akan kamu lakukan jika merasakan gatal di bagian sekitar mata? Tentu kamu akan segera mencari cara, seperti menggaruknya agar rasa gatal tersebut dapat hilang dengan cepat.

Pernakah kamu membayangkan ketika hendak menggosok mata dan merasakan sesuatu yang tidak biasa pada area mata dan tanpa sadar kamu menarik sesuatu dari mata lalu yang keluar adalah seekor cacing?

Memang tampak mengerikan, namun hal tersebut nyatanya dialami seorang wanita bernama Abby Beckley. Wanita itu tak menyangka bahwa terdapat 14 cacing di mata bagian kirinya.

Menurut laporan, awalnya Beckley merasakan tusukan di bawah kelopak matanya, lalu ia merasakan sakit yang luar biasa pada area mata kirinya. Abby mengunjungi dokter dan terkejut karena terdapat cacing yang keluar dari matanya.

Ia mengungkapkan bahwa secara tidak sengaja menarik cacing pada saat sedang menggosok mata kirinya.

"Saya meletakkan jari-jari saya di area mata lalu merasakan keanehan seperti ada yang bergerak di sana. Saya menarik benda tersebut dan saya sangat terkejut bahwa yang keluar adalah cacing. Cacing tersebut saya lihat masih bergerak pada jari-jari saya setelah saya berhasil mengambilnya," kata Abby.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kondisinya makin memburuk

Dalam jangka waktu yang cukup lama, Abby yang tidak yakin kalau benda asing yang terdapat pada mata kirinya adalah cacing pun akhirnya mengabaikan kondisi tersebut. Karena mata kirinya semakin terasa tidak enak, ia menggosok kembali matanya lalu menarik sekitar enam cacing kecil di mata kirinya.

Ia pun akhirnya memutuskan untuk konsultasi ke dokter. Benar saja, benda asing pada matanya adalah cacing Thelazia Gulosa yang merupakan parasit yang biasanya ditemukan pada bola mata sapi.

Butuh waktu 20 hari untuk mengeluarkan semua cacing. Para dokter mengungkapkan bahwa semua cacing tidak dapat ditarik keluar dalam satu tembakan saja, karena mereka harus menunggu sampai cacing tersebut muncul dan terlihat sebelum menariknya keluar. Cacing tersebut berukuran kurang dari setengah inci.

3 dari 3 halaman

Penyebabnya

Ahli medis percaya bahwa Abby terinfeksi ketika seekor lalat hendak mendarat di sekitar area matanya. Lalat tersebut terindikasi lalat yang berkembang biak di sekitaran ladang ternak. Kasus tersebut dilaporkan menjadi masalah ke 11 yang dialami warga di Amerika Serikat.

Penulis:

Immanuela Harlita Josephine

Sumber: Boldsky.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.