Sukses

Merinding, 5 Penemuan Bawah Tanah yang Buat Geger

Liputan6.com, Jakarta - Meski bumi semakin tua, kenyataannya masih banyak misteri yang menunggu untuk dipecahkan. Sebut saja di bawah tanah. Seperti penemuan-penemuan berikut ini.

1. Gua Kristal Naica

Berjarak sekitar satu jam dari Cihuahua, terdapat lokasi pertambangan Naica. Yang menarik, tambang tersebut memiliki kristal-kristal raksasa yang bentuknya seperti pecahan gelas. Bentuk kristal yang menakjubkan itu membuat kita seolah-olah sedang berada di planet lain.

2. Piramida Bawah Tanah

Penemuan yang satu ini menarik banyak perhatian sejarawan karena tak biasa. Sebuah piramida ditemukan di bawah Orvieto, Italia oleh para arkeolog yang terdiri dari orang Italia dan Amerika.

Padahal, Italia bukanlah negara yang dikenal karena piramidanya. Dalam piramida tersebut ditemukan terowongan yang menuju ke ruang bawah tanah yang lebih jauh.

 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: 

2 dari 3 halaman

3. Cacing setan

Hewan ini mendapat predikat sebagai hewan yang berhasil hidup jauh di kedalaman tanah. Betapa tidak, cacing ini ditemukan di kedalaman sekitar 3,6 km di bawah tanah di sebuah pertambangan emas di Afrika Selatan.

Spesies baru ini ukurannya hanya 0,5 mm dan diberi nama Halicephalobus mephisto. Yang mengejutkan, tim ahli mendapatkan bukti kalu spesies ini telah hidup dari antara 3000-12.000 tahun yang lalu.

4. Gorong-gorong bayi

Pada tahun 1988, para arkeolog mencoba menggali selokan Romawi Kuno di bawah Pemandian Ashkelon Israel. Penggalian tersebut membuat mereka menemukan tulang-belulang bayi yang baru lahir.

Setelah diteliti, tak ditemukan cacat atau penyakit dari tulang-belulang tersebut. Diperkirakan, bayi-bayi tersebut tak mati secara alami. Malahan, semuanya diketahui berjenis kelamin laki-laki.

 

3 dari 3 halaman

5. Teriakan 'neraka'

Pengeboran bumi yang dilakukand di Serbia sangatlah dalam, yakni sekitar 14 km. Didorong rasa penasaran, para ahli ingin menguji ada apa di dalamnya.

Saat itulah, mereka tak sengaja mendengar suara-suara aneh yang seakan-akan minta tolong. Suara tersebut juga menunjukkan rasa sakit yang hebat.

Penulis: Farraz Ramadhan

Sumber: Brilio.net