Sukses

Cuci Pakaian dengan Air Hangat Sebabkan Ngengat Bersarang di Rumah?

Mencuci pakaian dengan air hangat dianggap ampuh menghilangkan kuman. Padahal, hal tersebut justru membuat ngengat datang ke rumah Anda.

Liputan6.com, Jakarta Mencuci pakaian tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada cara-cara tertentu yang harus dilakukan agar pakaian Anda awet dan tahan lama. Misalnya saja, mencuci dengan menggunakan air hangat.

Kebanyakan orang melakukannya karena dianggap ampuh menghilangkan kuman. Padahal, hal tersebut justru membuat ngengat datang ke rumah Anda.

Melansir The Independent, sebuah survey yang dilakukan pada 2.006 pelanggan Rentokil. Survey dilakukan terhadap mereka yang mencuci menggunakan air hangat yang ujungnya, datangnya ngengat.

Lebih dari 54 persen dari responden mengaku mencuci pakaian dengan suhu 30 derajat Celcius. Padahal, siklus pencucian yang diatur pada suhu lebih rendah dapat membuat ngengat bertahan hidup lebih lama ketimbang pada suhu tingi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Akan tetapi, berkembangbiaknya ngengat di rumah tak hanya akibat panasnya suhu pencucian. Kualitas pakaian yang dibeli juga amat memengaruhi.

Larva ngengat biasanya tertarik pada bahan yang mengandung keratin. Bahan ini dapat ditemukan pada pakaian yang berbahan wol, sutra, dan bulu.

Sebanyak 59 persen responden mengaku suka membeli pakaian dengan kualitas tinggi yang tahan lama. Sayangnya, bahan pakaian tersebut justru menarik ngengat yang memakan protein keratin.

"Ngengat pakaian suka serat alamim dan sulit dihilangkan. Larva itu, melakukan kerusakan," pungkas Paul Bates, Direktur Pengelola Perusahaan Pengendalian Hama Cleankill di Inggris.

Penulis: Syifa Fauziah

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.