Sukses

Menakjubkan, Begini Potret Romawi Kuno Abad IV

Sejarah Romawi Kuno juga terus memiliki pengaruh besar untuk dunia hingga sekarang ini.

Liputan6.com, Jakarta - - Ibu kota Italia, Roma memang menjadi bagian penting tumbuh kembang peradaban dunia. Kota itu juga menjadi bagian lambang kejayaan Romawi Kuno yang berlangsung selama 12 abad. Sepanjang masa jaya itu, pemerintahan Romawi berganti dari monarki menjadi republik oligarki dan berubah lagi menjadi Kekaisaran Romawi yang digdaya.

Keberadaan Romawi Kuno menyumbangkan banyak pengembangan di bidang hukum, perang, seni, literatut, arsitektur dan bahasa dalam dunia barat. Tak hanya itu, sejarah Romawi Kuno juga terus memiliki pengaruh besar untuk dunia hingga sekarang ini.

Salah satu peninggalan sejarah yang menjadi bukti jejak masa kejayaan Romawi Kuno adalah sebuah maket kota Roma abad IV (masa Konstantinus I) yang dikerjakan oleh arkeolog Italo Gismondi berdasarkan penugasan Mussolini. Maket yang dibangun pada tahun 1933 itu menggunakan skala 1:250.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Maket Roma

Butuh waktu selama kurang lebih 35 tahun bagi Gismondi untuk menyelesaikan maket itu. Maket tersebut kemudian dipamerkan dalam rangka merayakan ulang tahun ke-2000 wafatnya Kaisar Augustus pada 1950-an. Kini maket tersebut dipasang secara permanen sebagai bagian dari Museum Peradaban Romawi.

3 dari 3 halaman

Jadi media pendidikan

Maket yang menggambarkan pemukiman Romawi tersebut kini digunakan sebagai salah satu acuan paling penting untuk melihat masa kejayaan Romawi Kuno. Anak-anak sekolah dan wisatawan menggunakannya sebagai alat pendidikan untuk membayangkan bagaimana runtuhnya masa Romawi Kuno.

Maket tersebut juga digunakan para pembuat film, termasuk Ridley Scott sutradara film Gladiator, untuk melakukan proses pengambilan gambar di lokasi tersebut.

Reporter:

Nisa Akmala

Sumber: Brilio.net

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.