Sukses

Alasan Kenapa Susah Kenyang jika Belum Makan Nasi, Ini Penjelasan Ahli

Liputan6.com, Jakarta - Bagi masyarakat Asia, nasi memang telah menjadi makanan pokok. Untuk memenuhi asupan kabohidrat serta pendamping makanan, nasi menjadi hal yang penting untuk disertakan. 

Mengingat saat ini, nasi bisa digantikan dengan roti atau gandum sebagai sumber karbohidrat. Tentu banyak masyarakat bisa diberikan beragam pilihan untuk mendapat asupan karbohidrat. Sayangnya, ketika mengonsumsi makanan selain nasi, hal yang terjadi justru kita masih merasa lapar.

Akibatnya, kita tak fokus bekerja, mual, pusing hingga merasa seperti masuk angin. Kira-kira apa penyebabnya ya kita merasakan hal tersebut?

 

2 dari 2 halaman

Begini kata para ahli

Melansir dari laman Hello Sehat, nasi adalah salah satu makanan yang tinggi akan kandungan glikemik. Kandungan ini merupakan nilai yang menggambarkan seberapa cepat karbohidrat yang ada di dalam makanan diubah menjadi gula oleh tubuh.

Para ahli menyebutkan jika glikemik yang cukup tinggi pada nasi putih mampu memicu respon ketagihan di otak. Tak heran, jika seseorang sudah terbiasa makan nasi, ia akan merasa ketagihan pada nasi dan merasa terus lapar jika belum memakannya.

Peneliti percaya jika makan nasi putih bisa mendorong otak untuk menstimulus tubuh agar merasa lapar meski sebenarnya ia telah kenyang. Kebiasaan mengonsumsi nasi juga dikatakan sebagai salah satu faktor ketagihan jadi lebih besar.

Selain nasi putih, beberapa makanan lain yang memiliki kandungan glikemik tinggi seperti roti, kentang dan gula konsentrat juga bisa bikin ketagihan dan perut terus menerus merasa lapar.

Reporter:

Rohmitriasih

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Tips Sederhana Membuat Bahan Makanan Tetap Awet dan Segar
Artikel Selanjutnya
Top 3: Makanan yang Bikin Umur Panjang, Benda Mengerikan dalam Perut Pria