Sukses

5 Langkah Mudah Aktif Organisasi Tapi Tetap Berprestasi

Aktif mengikuti kegiatan organisasi di kampus bukan berarti nilai akademikmu akan buruk, jika pandai mengaturnya kamu akan berprestasi di kedua bidang tersebut

Liputan6.com, Jakarta Bagi kamu mahasiswa yang aktif berorganisasi di lingkungan kampus, akan menjadi nilai tambah bila dapat menjaga keseimbangan antara akademik dan non akademik. Kegiatan organisasi memang menyita banyak waktu. 

Hal ini terkadang menjadi kendala dan membuat beberapa mahasiswa tidak bisa membagi waktu untuk memperbaiki nilai akademiknya.

Bagaimana cara menyeimbangkan keduanya agar tetap berprestasi meskipun sibuk mengikuti kegiatan keorganisasian?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

1. Membuat Agenda

Kesibukan akan membuat sebagaian mahasiswa membutuhkan perencanaan yang matang untuk menyusun jadwal kegiatan sehari-hari. Membuat agenda dapat menjadi tips awal agar kamu tidak melewatkan rapat organisasi, kepanitiaan, acara kampus maupun tugas-tugas yang di berikan dosen.

2. Jangan Salah Pilih Organisasi

Setiap kampus memiliki organisasi yang bervariasi. Oleh karena itu, sebagai mahasiswa yang cerdas harus dapat memilih organisasi mana yang sesuai. Organisasi memang penting untuk meningkatkan pengalaman selama menjadi mahasiswa dan sebagai pembelajaran di luar materi kuliah. Tapi kamu harus ingat, tujuan awal kamu adalah untuk kuliah. Jadi, kamu harus tetap menyeimbangkan antara kuliah dan organisasi dengan skala prioritas.

3 dari 4 halaman

3. Harus Tetap Menjaga Kesehatan

Kesibukan tidak boleh menghalangi kamu untuk tetap menjaga kesehatan. Konsumsi asupan yang bergizi, tetap menyempatkan waktu untuk berolahraga, dan tidak memaksakan diri apabila sudah merasa kondisi badan terlalu lelah. Badan yang sehat akan mempermudah kamu untuk tetap melakukan kegiatan akademis dan berorganisasi.

4. Manfaatkan Waktu Belajar dan Aktif di Kelas

Agar tidak ketinggalan materi kuliah, manfaatkan waktu menyerap ilmu dengan beberapa cara. Membuat catatan yang lengkap, aktif di kelas seperti tanya jawab untuk menambah nilai akademis kamu. Jika ada materi yang kurang di mengerti, jangan malu untuk bertanya kepada dosen.

4 dari 4 halaman

5. Mengulang Mata Kuliah

Di tengah-tengah kesibukan, sempatkan untuk mengerjakan tugas kuliah dan mengulang materi meskipun hanya sebentar. Berusaha serius dengan keterbatasan waktu yang kamu miliki. Lebih baik sedikit tetapi teratur dari pada belajar dengan sistem kebut semalam. Hindari untuk menerapkan belajar sistem kebut semalam dalam menghadapi UTS maupun UAS.

Jadilah mahasiswa yang hebat dalam akademis maupun non-akademis. Atur waktumu dengan baik apabila ingin mengikuti banyak aktivitas. Ingat, kesuksesan ada di tanganmu sendiri.

 

Penulis:

Ghina Kamilia Nadhifah

Universitas Budi Luhur

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.