Sukses

Maya Angelou, Sosok Pekerja Keras yang Muncul di Google Doodle Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Penampilan mesin pencarian Google pada hari ini, Rabu 4 April 2018, nampak begitu berbeda. Ketika dibuka, gambar Google doodle tersebut akan terlihat sosok wanita yang diketahui bernama Dr. Maya Angelou. Siapa dia?

Ternyata, Dr. Maya Angelou adalah seorang penyair, penyanyi, penulis memoar, dan aktivis hak-hak sipil Amerika Serikat (AS). Tidak hanya itu, yang lebih menariknya lagi saat gambar doodle diklik, kamu bisa mendengar puisi berjudul Still I Rise dibacakan oleh sejumlah sosok terkenal dunia.

Puisi indah yang tampil pada Google doodle tersebut ternyata dibawakan oleh Alicia Keys, Oprah Winfrey, America Ferrera, Martina McBride, bahkan rekaman asli suara Maya Angelou sendiri.

Semasa hidupnya, Maya Angelou sudah menerbitkan tiga buku esai, tujuh otobiografi, beberapa buku puisi dan beberapa kali muncul di seri drama dan TV. Ia juga menerima lebih dari 50 gelar kehormatan dan dikenal karena serial otobiografinya.

Serial ini mengisahkan pengalaman Maya di masa kanak-kanak hingga dewasa. Berkat buku pertamanya yang berjudul I Know Why the Caged Bird Sings, wanita yang lahir pada 1969 ini pun menuai kesuksesan yang luar biasa.

Berkat jasa dan dedikasinya, Google pun menghormati Dr. Maya Angelou yang saat ini berulang tahun ke 90 dengan Google Doodle yang cukup unik.

2 dari 2 halaman

Pernah Jadi Pekerja Seks hingga Wartawan

Sebelum sukses menjadi penyair dan penulis, Maya sudah menekuni serangkaian pekerjaan mulai dari pekerja seks, penari klub malam, juru masak hingga wartawan.

Diketahui, ia sangat aktif dalam berbagai gerakan hak-hak sipil dan bekerja dengan Martin Luther King Jr bersama dengan Malcom X. Pada 1993, Maya sempat membacakan puisi karangannya yang berjudul On the Pulse of Morning saat pelantikan Presiden Bill Clinton.

Selain itu, setahun kemudian yakni pada 1994, ia kembali dianugerahi sebuah Spingram MEdal dan National Medal of arts pada 2000. Bahkan, Presiden Barack Obama sendiri menganugerahinya dengan Presidential Medal of Freedom pada 2011.

**Berita Ini Sudah Pernah Tayang Sebelumnya di Kanal Tekno Liputan6.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: