Sukses

3 Hal Penting yang Harus Ada di Surat Lamaran Kerja, Apa Saja?

Liputan6.com, Jakarta - Surat lamaran kerja menjadi salah satu hal penting yang perlu Kalian persiapkan ketika hendak mencari pekerjaan. Surat lamaran kerja jadi poin penting yang bisa menentukan kalian diterima kerja atau tidak.

Oleh sebab itu, menulis surat lamaran kerja tak boleh sembarangan. Hal ini lantaran kalian bisa kehilangan kesempatan untuk dipanggil ke tahap interview jika surat lamaran kerja tak mampu menarik perhatian perusahaan.

Ketika menulis surat lamaran kerja, kalian harus mampu memberikan kesan pertama yang menarik dan mempromosikan diri sebaik mungkin. Sayangnya, ada beberapa hal penting yang terkadang sering diabaikan para pelamar pekerjaan.

Dikutip Vemale.com, ada tiga hal penting yang tak boleh kalian lewatkan ketika menulis surat lamaran kerja:

1 dari 4 halaman

Singkat dan Jelas

Tak ada salahnya jika kalian ingin menuliskan semua pengalaman atau keterampilan dalam CV atau surat lamaran. Namun, Kalian harus tahu betul mana saja yang benar-benar perlu ditulis.

Hindari mencantumkan terlalu banyak hal yang sebenarnya tidak terlalu penting. Sebaiknya kalian membuat surat lamaran kerja yang singkat namun memikat.

Lebih baik lagi jika Kalian bisa menonjolkan hal-hal apa saja yang bisa kalian berikan pada perusahaan. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang jelas dan ringkas sehingga mudah dimengerti dan to the point.

2 dari 4 halaman

Teliti

Kebanyakan pelamar kerja mengirim surat lamaran ke lebih dari satu perusahaan sekaligus. Ketika melakukan hal ini hindari bersikap ceroboh dengan melakukan copy paste tulisan pada semua surat lamaran.

Ini lantaran ada beberapa hal yang perlu kalian sesuaikan seperti nama perusahaan serta jenis profesi yang dilamar.

3 dari 4 halaman

Statistik

Ingin mendapat nilai lebih? Ada baiknya Kalian mencantumkan poin statistik pada riset yang Kalian pilih untuk menjadi argumen kalian.

Misalnya ketika Kalian menyebutkan jika saat ini kemampuan berbahasa Tiongkok (yang menjadi salah satu kemampuanmu) sangat dibutuhkan.

Kalian bisa menuliskan berapa banyak perusahaan yang bekerja sama dengan pihak dari Tiongkok dan memerlukan staf dengan kemampuan tersebut. Dengan begini, kalian bisa meyakinkan perusahaan tujuan Kalian.

Reporter:

Esa Mauliskania

Sumber: Vemale.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini:

Artikel Selanjutnya
Menkum HAM: Pekerja Asing Tak Ambil Slot Tenaga Kerja Lokal
Artikel Selanjutnya
Moeldoko: Beri Jokowi Kesempatan Bekerja, Jangan Diganggu