Sukses

Beragam Cara Merayakan Pi Day, Google Doodle Hari Ini

Liputan6.com, Jakarta - Google Doodle hari ini menampilkan gambar yang sungguh menggugah selera di laman utama mesin pencarinya, Google.

Gambar kue pai yang disusun menjadi nama mesin pencari raksasa tersebut menjadi tema Google Doodle hari ini (14/3/2018). Bukan untuk merayakan kuliner, potret tersebut ternyata dipajang untuk merayakan Pi Day atau Hari Pi. 

Pi Day adalah hari perayaan untuk menghormati konstanta matematika, Pi, yang ditandai dengan huruf Yunani "π." Ya, Pi yang dimaksud merupakan konstanta matematika yang terkenal itu. Kamu pasti pernah mendengar istilah ini saat sekolah. Pi merupakan bilangan irasional, yang berarti Pi tidak dapat dinyatakan dalam pembagian bilangan bulat.

Di luar fungsi matematikanya, perayaan Pi Day yang jatuh setiap tanggal 14 Maret ini selalu dirayakan dengan meriah. Tentunya, kue pai menjadi bagian tak terpisahkan dari perayaan ini meski bukan sebegai hari perayaan kuliner.

 

1 dari 3 halaman

Menyantap Kue Pai

Fisikiawan Larry Saw adalah fisikiawan pertama yang mengakui Pi Day 30 tahun lalu, tepatnya pada tahun 1988. Melansir Wikipedia, kala itu Larry merayakannya dengan para staf sambil mengililingi salah satu ruang melingkar dan menyantap kue pai.

Setelah itu, perayaan Pi Day pun terus dilakuakan dengan berbagai cara unik. Mau tahu ada perayaan seru apa di Pi Day?

 

2 dari 3 halaman

Perayaan Pi Day

Ada banyak cara untuk merayakan Pi Day. Google Doodle sendiri sudah ikut merayakan Pi Day beberapa kali, yaitu pada tahun 2010 dan 2018.

Selain itu perayaan Pi Day sendiri banyak dilakukan dengan makan pai, melempar pai. Di New Jersey sendiri, perayaan Pi Day kerap digabungkan dengan ulang tahun Albert Einstein yang juga berulangtahun di tanggal 14 Maret. Selain lomba makan, kontes mirip Einstein juga di gelar di sana lho!

Reporter:

Lanny Kusumastuti

Sumber: Bintang.com

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
Pi Day, Apa Artinya dan Kenapa Jadi Google Doodle Hari Ini?
Artikel Selanjutnya
4 Fakta Sir Henry William Perkin, Ilmuwan Hebat di Google Doodle Hari Ini