Sukses

Jangan Takuti Anak dengan Kalimat "Kalau Nakal Nanti Disuntik Dokter!", Pakai Kalimat Ini Saja

Liputan6.com, Jakarta Di dalam masa pertumbuhan anak, terkadang mereka sering melakukan berbagai hal sesuka hati tanpa tahu sebab dan akibatnya. Di sini mungkin peran orang tua sangat berarti dalam mengajarkan hal penting bagi buah hati pada masa tumbuh kembangnya.

Dalam mendidik anak, memang dibutuhkan kesabaran ekstra. Namun, sepertinya masih banyak para orangtua yang tak sabar dan marah ketika tingkah anak sudah mulai nakal dan sulit diatur.

Dengan begitu mungkin kita sering mendengar jurus paling ampuh bagi para orangtua untuk menakuti anaknya agar tidak nakal lagi. Seperti memakai kata ajaib, 'jangan nakal, nak. Nanti kalau nakal disuntik dokter!'

Setelah anak mendengar kata 'disuntik dokter', otomatis mereka langsung menurut karena tentu saja takut. Dengan kata-kata tersebut, orangtua memang bisa mengendalikan anaknya yang bandel dan susah diatur.

 

1 dari 4 halaman

Kalimat Tersebut akan Berakibat Serius Saat Anak Tumbuh Dewasa

Namun ternyata ada akibat yang serius, lho, jika anak kerap ditakuti dengan kata 'disuntik dokter'. Belakangan muncul imbauan di salah satu klinik kesehatan berupa banner yang ditujukan untuk para orangtua. Pada imbauan tersebut tertulis ajakan untuk menghentikan tindakan mengontrol anak yang nakal dengan cara menakuti akan disuntik oleh dokter, seperti berikut ini.

"IBU & BAPAK, mohon tidak mengatakan kepada anak ibu & bapak kalau mereka nakal akan disuntik oleh dokter. Kita ingin agar anak-anak tidak takut kepada kami, sehingga saat mereka benar-benar sakit kami lebih mudah memeriksa, menentukan penyakit dan mengobati anak ibu & bapak dengan lebih tepat,"

tulisan imbauan tersebut dikutip brilio.net, Kamis (8/3).

Maka jangan heran jika ada seseorang yang sudah tumbuh remaja bahkan dewasa, masih histeris ketakutan setengah mati jika akan disuntik. Bisa jadi saat kecil ia sering ditakuti oleh orangtuanya, sehingga berakibat lemahnya mental seseorang terhadap jarum suntik dan terbawa hingga dewasa.

2 dari 4 halaman

Ganti Kalimat

Di bagian bawah banner, terdapat pula saran untuk menggantikan kata disuntik oleh dokter dengan kalimat yang unik nan menggelitik, seperti ini.

 

"Saran Kami jika anak anda masih nakal bilang saja, 'kalau adik nakal, gedenya bakal jatuh cinta dengan orang yang tidak bisa kamu miliki, lho,"

 

3 dari 4 halaman

Tindakan Menakut-nakuti Akan Berdapak Buruk

Dikutip dari laman Parents, Kepala Section of Infectious Diseases for the American Academy of Pediatrics, Margaret Fisher menyatakan tindakan menakut-nakuti itu memang berdampak buruk. Sebaiknya jelaskan saja kepada anak-anak jika suntikan akan menjaga mereka dan bukan sebuah hukuman.

Katakan juga bahwa rasanya sedikit sakit tapi hanya beberapa detik. Dan pastikan, ketika selesai tunjukkan wajah bahagia bahwa proses ini sudah selesai.

Sebelum terlambat, yuk ubah cara yang salah mendidik anak tersebut. Demi menjaga kekuatan mental anak di masa depan kelak.

 

Reporter

Muhammad Bimo Aprilianto

 

Sumber: Brilio.net

 

Lihat Juga Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Jatuh Cinta Pada Pandangan Pertama, Wanita Ini Rela Dinikahi Pria Gelandangan
Artikel Selanjutnya
Usai Tereliminasi, Marion Jola Didekati Young Lex