Sukses

Ibu Hamil Tak Boleh Terlalu Banyak Mengonsumsi 5 Macam Vitamin Ini

Liputan6.com, Jakarta Vitamin merupakan hal yang sangat penting untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Semua hal baik adanya jika dikonsumsi sesuai dosis yang dianjurkan. Jika kamu sedang mengandung dan mengonsumsi vitamin secara berlebih, hal tersebut dapat membahayakan janin. Apa sajakah vitamin tersebut dan apa akibatnya jika terlalu banyak mengonsumsinya? Berikut penjelasannya melansir Trend Chaser

1 dari 3 halaman

1. Vitamin A

Vitamin A terkenal baik dan bermanfaat untuk kesehatan mata. Bukan hanya itu, vitamin A juga memiliki manfaat lainnya yaitu sebagai antioksidan, peningkat sistem kekebalan tubuh, dan sebagai penghambat pertumbuhan sel kanker. Bagi ibu hamil, mengkonsumsi vitamin A dapat mengoptimalkan perkembangan janin. Selain itu, vitamin A bagi ibu hamil juga dapat membantu sistem pernapasan, peredaran darah, mata dan tulang janinmu.

Namun, mengonsumsi vitamin A terlalu banyak juga dapat membahayakan kandungan. Hal tersebut dapat mengakibatkan kecacatan pada bayi. Disarankan untuk mengonsumsi vitamin A yang berasal dari buah dan sayur.

2. Vitamin E

Vitamin kedua yang tidak boleh dikonsumsi secara berlebihan adalah vitamin E. Vitamin E terkenal baik bagi darah dan kulit. Namun, semua yang dikonsumsi secara berlebihan tidak akan membawa kebaikan. Mengkonsumsi vitamin E secara berlebihan dapat mengakibatkan komplikasi jantung bagi calon bayi anda.  Hal tersebut tentunya dapat membahayakan hidupnya nanti.

2 dari 3 halaman

3. Vitamin B6

Vitamin B6 baik bagi saraf dan otak janin.  Namun, mengonsumsi terlalu banyak B6 juga bisa berakibat buruk. Saat hamil, kamu hanya diperbolehkan untuk mengonsumsi B6 sebanyak 1,9 miligram per hari. Begitu mulai menyusui, tingkatkan konsumsi menjadi 2,0 miligram per hari. Konsumsi B6 secara berlebih akan mengakibatkan bayi cacat saat lahir.

4. Asam Folat

Asam Folat memiliki fungsi untuk melindungi bayi lahir dengan kondisi cacat. Ia juga memiliki fungsi sebagai pelindung tulang belakang. Megkonsumsi terlalu banyak asam folat akan menyebabkan saraf otak bayi terganggu, sehingga menyebabkan bayi terlahir autis.

5. Zat Besi

Asupan yang satu ini memang bagus untuk dikonsumsi jika kamu memiliki anemia. Makanan-makanan seperti kentang, daging sapi, kerang, bayam dan kacang-kacangan mengandung zat besi yang tinggi. Beberapa wanita hamil sering mengalami kekurangan zat besi.

Untuk mencegahnya, mereka biasanya meminum pil. Mengonsumsi zat besi secara berlebih dapat berakibat buruk bagi kandungan. Hal tersebut dapat menyebabkan bayi lahir premature dengan berat badan yang terlalu ringan.

 

Penulis:

Nadia Donna

Reporter Sahabat Liputan6

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
5 Cara Dapatkan Manfaat Kapsul Vitamin E Tanpa Harus Meminumnya