Sukses

Tumblr Diblokir, Blogger: Tulisan Saya Gimana?

Liputan6.com, Jakarta - Tumblr merupakan situs microblogging sekaligus media sosial yang didirikan oleh David Karp pada 2007. Saat awal kemunculannya di Indonesia, Tumblr tidak sepopuler media sosial lain seperti Twitter dan Facebook.

Namun, pengguna Tumblr di Indonesia juga tidak sedikit. Itu karena, banyaknya fitur menarik yang disediakan oleh Tumblr.

Walaupun banyak inspirasi yang didapat dari Tumblr, ternyata Tumblr juga merupakan akses termudah untuk menemukan gambar atau video biru dengan mudah, misalnya menggunakan hashtag.

Karena alasan tersebut, Kemkominfo pun memblokir Tumblr per Senin, 5 Maret 2018 lalu. Pemblokiran ini pun rupanya berhasil mengundang emosi para netizen yang merupakan pengguna dari Tumblr.

"Shame on you, kenapa Tumblr harus di blokir sih? emang isinya negatif doang? PLS. tulisan saya disitu ga ada back up, gimana?" ujar netizen @baekserenity di Twitter.

 

1 dari 3 halaman

Penjelasan Kemkominfo

Memang, kesannya seolah nggak ada pemberitahuan soal pemblokiran Tumblr, tapi bukan berarti Kominfo nggak memberitahukan pemblokiran ini. Lewat Twitter, Kominfo memberikan klarifikasi atas pemblokiran Tumblr di Indonesia.

Dari cuitan yang ada sih, Kominfo menerima aduan masyarakat dan menemukan adanya konten asusila di platform Tumblr yang terdapat pada 360 akun setelah dilakukan penelusuran.

 

2 dari 3 halaman

Pemblokiran Dilakukan

Menurut keterangan Kominfo, mereka menemukan kalau Tumblr nggak punya mekanisme atau report tools untuk melaporkan konten asusila. Nah pada 28 Februari 2018 kemarin Tim Aduan Konten mengirimkan notifikasi via email pada pihak Tumblr dan meminta untuk membersihkan semua konten asusila dengan batas 2x24 jam. Karena tidak ada respon dari Tumblr, akhirnya pemblokiran pun dilakukan.

Sebelumnya Tumblr juga sempat diblokir oleh Kominfo karena ditemukan banyaknya konten porno di dalamnta, 2016 lalu. Tapi cukup disayangkan juga, karena pengumuman Kominfo di Twitter baru muncul pada hari ini pukul 11.35 WIB, sedangkan pemblokiran Tumblr sendiri dilakukan tanggal 5 Maret 2018 kemarin.

 

Reporter: Natanael Sepaya

Sumber: Kapanlagi.com

 

Artikel Selanjutnya
Ramai Dibicarakan Warganet, Kemkominfo Bakal Atur Situs Internet Positif
Artikel Selanjutnya
Kemkominfo: Tumblr Belum Respons, Jadi Akan Tetap Diblokir