Sukses

Komunitas Indonesia Baby Wearers, Ajarkan Menggendong Bayi dengan Ilmu

Liputan6.com, Jakarta Bagi para ibu, merawat anak sejak lahir, merupakan salah satu ungkapan kasih sayang selain menjadi kewajiban bagi orang tua. Tak hanya memberikan ASI eksklusif dan merawatnya, ternyata menggendong bayi juga sangat bermanfaat bagi ibu dan juga bayi.

Apa saja manfaatnya? Bukankah bayi yang sering digendong bisa jadi 'bau tangan'? Atau bisa dibilang menjadi kebiasaan dan akan cengeng bila tak digendong. Belum lagi keluhan para ibu yang capek ketika menggendong.

Mungkin begitulah ketakutan para ibu jika sering menggendong bayinya. Tapi, sekelompok ibu-ibu diberbagai kota ini akan membantu kita mengetahui betapa penting dan bermanfaatnya dari menggendong bayi.

Komunitas IBW atau Indonesia Baby Wearers ini didirikan pertama kali oleh Yohana Habsari. Komunitas IBW sendiri sudah ada di 45 kota di Indonesia. Seperti Jabodetabek, Aceh, Bali, Banjarmasin, Kediri, Bandung, dan masih banyak lagi.

1 dari 4 halaman

Cara Serta Posisi Menggendong Bayi yang Benar

Salah satu admin IBW dari Bogor, yaitu ibu Yuni mengungkapkan alasan didirikannya komunitas ini. Komunitas IBW didirikan karena ingin para ibu bisa tau bagaimana cara yang baik dan benar untuk menggendong bayi.

"Kenyamanan antara ibu dan bayi pun juga harus diperhatikan, karena menggendong bayi juga dapat mempengaruhi pertumbuhan bayi terutama bagian tulang belakang," ujar admin IBW cabang Bogor, ketika dihubungi via Whatsapp.

"Tak hanya untuk kesehatan, menggendong bayi juga bisa membuat sang bayi dekat dengan orangtua, sehingga bisa terbentuk ikatan yang baik," lanjutnya.

Selain membicarakan soal manfaat, Komunitas IBW juga mengajari para ibu bagaimana cara menyimpulkan jarik atau kain gendongan yang benar. Posisi menggendong juga harus diperhatikan, dari usia bayi umur 0 hingga lebih dari satu tahun.

2 dari 4 halaman

Terinspirasi Ibu Penggendong Saat Menolong Masyarakat Pengungsi Suriyah

Keuntungan lainnya bagi para ibu yang ikut serta dalam komunitas ini, mereka bisa saling mencoba menggendong dengan jenis gendongan yang berbeda. Sehingga jika ada pertemuan, ibu-ibu bisa saling mengingatkan dan belajar.

Komunitas ini tentunya tidak didirikan begitu saja, sang pendiri, yaitu Yohana, rupanya terinspirasi dari bagaimana repot dan pegalnya ketika menggendong tanpa ilmu.

"Saya dulu awal menikah lalu melahirkan anak mengalami depresi. Berat sekali jadi ibu baru dengan banyak tekanan dari sekitar. Lalu saya berkenalan dgn dunia babywearing, ikut komunitas di luar negeri. Disitu awal saya merasa babywearing sungguh membantu," ungkapnya.

"Lalu saya ikut aktif di gerakan carry the future gerakan ibu2 penggendong dalam menolong masyarakat pengungsi Suriyah. Kesulitan kirim donasi karena harus dikirim ke Malaysia dulu. Lalu saya pikir alangkah baiknya kalau di indonesia juga ada komunitas menggendong yg positif . Dibuatlah komunitas IBW," tutupnya.

3 dari 4 halaman

Cara Bergabung di Komunitas IBW

Setelah komunitas ini berdiri dan para ibu-ibu pun bergabung, ternyata mereka baru mengetahui bahwa menggendong bayi iyu ada ilmu dan tatacaranya sendiri.

"Kami anggota IBW Bogor pun berpikir, alangkah baiknya jika ibu-ibu lainnya yang berlokasi di Bogor ikut berafiliasi dengan komunitas IBW. Selain mendapatkan ilmunya, juga bertujuan agar semakin lebar sayap IBW di wilayah Indonesia untuk membagikan ilmu positifnya," ungkap Yuni.  

Selain belajar cara menggendong yang baik,  para ibu-ibu ini juga bisa menambah pertemanan.

"Yang tadi nya hanya kenal di dunia maya jadi bisa saling kenal di dunia nyata, bisa saling sharing tentang babywering maupun ilmu lainnya," kata Yuni.

Perlu diketahui juga, berdirinya komunitas IBW ini juga bisa bermanfaat bagi ibu-ibu lain di luar sana yang belum bergabung. "Ilmu dan cerita pengalaman ibu2 yang sudah gabung bisa menguntungkan ibu2 di luar komunitas,  karena member bisa membantu mengedukasi," pungkasnya.

Bagi para ibu yang penasaran bagaimana asiknya menggendong bayi dengan ilmu dari komunitas Indonesia Baby Wearers, bisa ikut bergabung di cabang dan kota terdekat. Untuk di cabang Bogor, bisa menghubungi salah satu admin atau join di media sosial yang di miliki Bogor Babywearers.

Jika masih bertanya-tanya tentang kegiatannya, bisa dilihat di akun media sosial Instagram dalam akun @bogorbabywearers. Untuk tempat berkegiatan, IBW sering mengunjungi tempat-tempat umum seperti taman, tempat rekreasi atau wisata, bahkan tempat tinggal dari salah satu anggota.

"Semoga semakin banyak ibu2 yang tahu dan mau belajar tentang menggendong yang baik dan aman .. karena sebenarnya aktifitas menggendong itu sangatlah menyenangkan dan bisa membuat ibu dan bayi semakin lekat," tutup Yuni.

 

Saksikan Juga Video Pilihan Berikut Ini:

 

Artikel Selanjutnya
Gaya Rambut Super Unik, Senator Rusia Lelah Ladeni Pertanyaan Netizen
Artikel Selanjutnya
Tak Disangka, Shane Filan Ternyata Menyukai Kemacetan Jakarta