Sukses

Dildo hingga Permen Karet, Ternyata 6 Benda Ini Usianya Ribuan Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Kehidupan di dunia memang sudah berlangsung sejak jutaan tahun lalu. Seiring berjalannya waktu, manusia mulai membuat alat dan berbagai benda lainnya demi menopang kehidupan manusia.

Semakin hari perkembangan dunia makin maju, manusia pun mulai berlomba-lomba untuk terus berinovasi dan membuat terobosan baru agar memudahkan aktivitas mereka. Meski benda yang ada di sekitar kita terus berkembang, tentunya benda yang tercipta sejak zaman dahulu tetap masih ada agar kita bisa mengetahui sejarah masa lalu.

Berkat bantuan para arkelog, kita bisa mengetahui sejarah masa lalu, termasuk sebuah benda. Dari berbagai benda yang telah ditemukan para arkelog, ternyata benda yang ada di keseharian kita memiliki kakek moyang yang telah berumur ratusan bahkan ribuan tahun.

Berikut enam temuan yang memiliki usia ratusan hingga ribuan tahun.

1. Kacamata (800 Tahun)

Di era sekarang ini, kacamata telah menjadi barang keseharian kita. Fungsi nya pun beragam, bisa untuk gaya atau untuk menjadi alat bantu melihat. Ternyata, kacamata bukan barang baru di dunia, kacamata sudah ada sejak ratusan tahun lalu.

Para arkeolog berhasil menemukan kacamata yang berasal dari masa lalu. Kacamata ini ditemukan di Kanada dan usia kacamata itu adalah 800 tahun.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

2. Permen Karet (5000 Tahun)

Permen karet mudah ditemukan di era modern ini. Banyak orang orang mengunyah permen kenyal ini untuk mengisi waktu luang atau pun sekedar untuk menikmatinya. Ternyata, permen karet sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Nenek moyang permen karet ini ditemukan oleh mahasiswa asal Inggris saat ia menggali di Finlandia.

Setelah diteliti, permen karet tersebut sudah ada sejak 5000 tahun lalu. Permen karet itu digunakan orang Neolitik sebagai antiseptik mereka.

3 dari 6 halaman

3. Sepatu (5500 tahun)

Tidak kalah dengan masyarakat modern saat ini, ternyata manusia zaman dulu sudah menggunakan sepatu sebagai alas kaki mereka. Pada tahun 2010, ada temuan yang menakjubkan di dunia arkeolog. Pasalnya di tahun tersebut ditemukan sepatu kulit yang berusia 5500 tahun. 

4 dari 6 halaman

4. Topeng (9000 Tahun)

Topeng merupakan benda yang digunakan sebagai pelengkap pada suatu pesta di era sekarang ini. Namun ternyata, topeng sudah ada sejak ribuan tahun lalu. Bahkan yang menakjubkannya lagi, topeng yang ditemukan sudah berumur 9000 tahun.

Topeng ini ditemukan di bukit Yudea Israel. Topeng tersebut terbuat dari kapur dan batu gamping.

5 dari 6 halaman

5. Pisau Lipat (1800 Tahun)

Bagi orang yang suka kegiatan outdoor atau kegiatan lapangan, tentu tidak asing dengan pisau lipat. Keberadaan pisau lipat sangat membantu aktivitas luar ruangan terlebih lagi di alam. Namun ternyata, pisau lipat sudah ada sejak 1800 tahun lalu. 

Diketahui, pisau ini berasal dari kekaisaran Romawi dan digunakan untuk para koki yang memasak. 

6 dari 6 halaman

6. Mainan Seks (28000 Tahun)

Mainan seks ternyata bukan barang baru. Yang mencengangkannya lagi, mainan seks ternyata sudah ada sejak 28000 tahun lalu. Hal ini diketahui saat batu yang berbentuk oval panjang ini diteliti ilmuwan jerman. 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.