Sukses

Kehadiran Dicatat QR Code, Mahasiswa Sibuk Cari Cara Titip Absen

Liputan6.com, Jakarta Sebuah universitas di Malaysia, Universitas Teknologi Petronas, mulai menggunakan QR Code untuk mencatat kehadiran mahasiswanya.

Sebuah twit menunjukkan kode QR di depan kelas yang harus dipindai oleh mahasiswa untuk menujukkan kehadiran mereka. Tak perlu lagi kertas untuk mencatat kehadiran.

Syahira Radzi, perempuan yang mengetwitkan foto ini menjelaskan cara kerja sistem QR code di kampusnya. Pertama, mahasiswa harus mengunduh aplikasi pemindai QR Code. Mereka lalu harus memindai kode yang ditampilkan oleh dosen di kelas. Setelah memindai, para mahasiswa akan dibawa ke sebuah link, dan dari link tersebut mereka memasukkan nomor induk mahasiswa.

“Siapa yang tak datang, tidak akan bisa memindai kodenya. Waktu mengakses dicatat oleh sistem,” kata dia menjelaskan. Twit tersebut hingga kini telah menuai 14 ribu retweet dan 7,4 ribu likes, serta ratusan komentar.

Komentar-komentar yang muncul menyatakan bahwa beberapa universitas lain di Malaysia juga sudah memakainya, misalnya Universiti Malaysia Sarawak (UNIMAS). Para mahasiswa UNIMAS bahkan menyatakan bahwa kampusnyalah yang pertama memakai sistem ini di Malaysia. Di UNIMAS, setiap mahasiswa harus mengunduh aplikasi dan login di ponsel masing-masing. Setiap kode QR berlaku untuk satu mahasiswa saja. 

2 dari 2 halaman

Cara titip absen

QR code membuat titip absen tak lagi sesederhana memalsukan tanda tangan di daftar hadir mahasiswa. Komentar-komentar lain sibuk mencari cara untuk mengakali teknologi ini. 

“Tapi kamu bisa saja mengirim foto kode QR tersebut ke orang yang tidak datang,” tanya pemilik akun @Zulfadhli_787. “Tinggal kirim ke foto kode ke grup WhatsApp kelas.”

Tapi cara itu dinilai tak mudah. “Tapi kode QR ini hanya berlaku dalam waktu yang sangat singkat. Jika terlambat sedikit saja, kehadiran tak akan tercatat,” kata pemilik akun @Danial_Ikhwan. Maka, tak mudah mengabsenkan teman karena semua yang hadir pasti akan sibuk mengutamakan absennya sendiri.

Cara termudah titip absen adalah dengan memberikan ponselmu ke kawan yang hadir.

Tapi bagaimana kalau mahasiswa tak bawa ponsel atau baterainya habis? Ternyata mahasiswa bisa datang menemui dosen pada akhir kuliah dan mencatatkan kehadirannya secara manual.

"Untung saya sudah lulus, kalau belum mungkin saya akan susah lulus," kata salah seorang komentator.

Bagaimana dengan kampus kamu?

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Anies Pastikan Jakarta Jadi Rumah untuk Semua Kalangan
Artikel Selanjutnya
M Taufik: Jakarta sebagai Ibu Kota Berakhir Juni 2020