Sukses

Lima Negara yang Tak Bisa Lepas dari Beras

Liputan6.com, Jakarta Makanan pokok adalah makanan yang setiap harinya dikonsumsi dan sudah menjadi rutin. Makanan pokok bertujuan untuk menambah gizi dan nutrisi. Makanan pokok dari setiap negara akan berbeda-beda. Contohnya saja Indonesia, yang memilih nasi sebagai makanan pokoknya yang berasal dari beras. Selain Indonesia, apa saja yang bahan makanan pokok yang terbuat dari beras? Berikut ada beberapa negara di bawah ini.

1. Jepang

Makanan pokok warga Jepang adalah nasi. Beras jepang disebut Kome. Kome ini bertekstur lembut dengan bulir yang lebih pendek. Jepang membudidayakan padi di sawah tradisional. Maka dari itu beras Jepang mempunyai rasa yang sangat khas dan lembut.

1 dari 3 halaman

2. Korea Selatan

Bahan makanan pokok di Korea juga berasal dari beras, yaitu nasi. Namun, nasi di korea dibuat menjadi sangat lembut seperti bubur, kadang dipadupadankan dengan berbagai macam sup. Atau biasanya dibuat menjadi gimbap, nasi yang digulung dengan lembaran rumput laut, dan berisi daging, sayuran, serta ikan.

3. Thailand

Nasi merupakan makanan pokok warga Thailand. Biasanya nasi dimakan dengan kari atau masakan tumis. Bumbu penyedap yang digunakan juga hampir sama dengan Indonesia seperti serai, cabai, dan jeruk limau.

2 dari 3 halaman

4. India

Makanan pokok India adalah nasi, sama seperti halnya di Indonesia. Namun, tidak terlalu harus nasi seperti di Tanah Air, karena mereka juga banyak makan roti. Pengolahannya pun hampir sama, meski jenis nasinya berbeda.

5. Tiongkok

Setiap makanan Tiongkok tersaji, pasti ada nasi yang melengkapi. Untuk mengurangi ketergantungan terhadap beras, pemerintah Tiongkok memberikan insentif bagi petani yang menanam jagung sebagai pengganti beras.

 

Penulis:

Fany Zahra

Universitas Bhayangkara Bekasi

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Penyebab Naiknya Harga Beras
Artikel Selanjutnya
HEADLINE: Harga Beras Meroket, Salah Siapa?