Sukses

Jangan Remehkan Kaus Kaki, Ini 6 Manfaat Saat Terbiasa Memakainya

Liputan6.com, Jakarta Selama ini, tak banyak yang menyadari manfaat menggunakan kaus kaki. Bahkan, keberadaannya kerap dianggap remeh. Padahal, banyak manfaat yang bisa Anda dapat dari menggunakan kaus kaki. Apa saja? Melansir dari beberapa sumber, ini dia.

1. Cegah cedera saat berolahraga

Saat berolahraga, amat penting memilih kaus kaki yang tepat. Ini akan memengaruhi kenyamanan, gerakan, dan performa Anda saat berolahraga.

Penggunaan kaus kaki saat berolahraga akan membantu menyediakan bantalan yang tepat, mengurangi gesekan, menjaga kaki tetap kering, serta semua hal yang dapat membuat cedera seorang atlit. Untuk berolahraga, pilihlah bahan kaus kaki yang terbuat dari wol, polyester, atau akrilik.

2. Mencegah lecet di kaki

Salah satu cara menghindari kaki lecet, terlebih pada saat menggunakan sepatu baru, adalah dengan menggunakan kaus kaki. Dengan memakai kaus kaki, kulit kaki akan terhindar dari lecet akibat gesekan dengan dinding dan alas sepatu.

 

1 dari 3 halaman

3. Melindungi kaki dari bakteri dan jamur

Selain melindungi kaki dari debu dan polusi, kaus kaki juga dapat membantu menjaga kaki dari bakteri dan jamur. Kaki yang berkeringat menjadi sarang sempurna bagi bakteri dan jamur. Dengan menggunakan kaus kaki yang anti bakteri dan menyerap keringat, perkembangan kuman dan bakteri dapat ditekan.

Tentunya, amat penting mengganti kaus kaki secara rutin. Karena meski menyerap keringat, kaus kaki yang lembab dan kotor justru dapat menjadi sumber penyakit.

4. Memberikan rasa hangat dan nyaman

Terlalu lama berdiri atau duduk pada wanita pekerja dapat membuat kaki bengkak. Sementara kaus kaki, dapat mengurangi risiko tersebut. Kaus kaki juga dapat membantu Anda tidur lebih nyenyak.

Cobalah memakai kaus kaki saat tidur. Rasa hangat di kaki akan memperlancar aliran darah, sehingga membuat tubuh terasa nyaman. Tidur yang nyenyak dan berkualitas dapat membantu mengurangi kadar stres Anda.

 

2 dari 3 halaman

5. Mencegah bau kaki

Pernahkah kamu bertanya-tanya mengapa kaki amat mudah berkeringat? Ini ternyata karena kelenjar keringat di kaki lebih banyak dibanding di bagian tubuh lainnya. Setidaknya sekitar 12 ribu kelenjar keringat di tiap kaki.

Keringat berlebih apalagi setelah menggunakan sepatu seharian dapat menimbulkan bau tak enak. Ini pentingnya menggunakan kaus kaki yang menyerap keringat saat memakai sepatu. Tentunya ini diimbangi dengan mengganti kaus kaki secara teratur.

6. Menjaga kelembaban kaki

Memiliki kaki yang sehat adalah dambaan tiap orang. Kulit kaki yang kering dan pecah-pecah, terlebih di bagian tumit sangat tidak enak dilihat. Kaus kaki dapat membantu menjaga kelembaban kaki dengan cara sederhana.

Sebelum tidur, biasakan mencuci kaki hingga bersih, kemudian oleskan pelembab atau body lotion ke kaki. Setelahnya, barulah pakai kaus kaki.

Kelembaban kaki yang terjaga dapat membantu kulit beregenerasi lebih cepat, sehingga kulit kaki menjadi halus dan lembut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: