Sukses

Cara agar Tak Gugup Saat Berbicara di Depan Umum

Liputan6.com, Jakarta Pernahkah Anda berbicara di depan umum dan merasa gugup dan mati gaya, seperti pada saat pidato atau presentasi di depan dosen? Merasa gugup merupakan hal yang biasa, akan tetapi Anda harus mengatasinya. Ada beberapa tips di bawah ini yang bisa Anda ikuti untuk menghilangkan rasa gugup saat berbicara di depan umum.

1. Percaya Diri

Yang paling utama adalah percaya diri. Ini adalah modal utama kamu agar tidak gugup saat berbicara di depan umum. Harus yakin dengan apa yang akan anda sampaikan saat berbicara di depan publik, serta percaya bahwa anda bisa melakukannya.

1 dari 3 halaman

2. Perhatikan Penampilan

Apa yang pertama kali kita lihat saat bertemu dengan seseorang? Ya penampilannya, di sinilah penonton menempatkan kesan pertama sebelum anda memulai pembicaraan. jadi, perhatikan penampilan anda saat akan berbicara di depan umum, karena penampilan juga menentukan tingkat percaya diri Anda saat berbicara.

3. Kenali penonton

Saat kamu memasuki panggung, kamu akan melihat audiens. Sebelum itu, kamu harus mencari tahu, siapa saja sasaran yang akan Anda temui, seperti pelajar, pebisnis, atau masyarakat. Sehingga Anda bisa menentukan pembawaan seperti apa yang cocok untuk ditampilkan di depan umum.

2 dari 3 halaman

4. Kenali Tata Letak Panggung

Datang lebih awal, hal ini yang harus anda lakukan. anda bisa melihat bagaimana tata letak panggung. Karena kamu juga harus aktif berjalan, jangan hanya berdiri sambil menjelaskan, tapi gerak tubuh pun harus aktif bergerak agar penyampaian materi lebih mudah diterima hadirin sekalian.

5. Pahami Materi

Baik pidato, presentasi, ataupun menjadi narasumber dalam sebuah acara. Tentu kita akan mendapat materi yang akan dijelaskan, membaca adalah hal yang utama. Baca dan pahami materi yang akan disampaikan, agar anda bisa menjawab semua pertanyaan yang akan dilontarkan penonton.

 

Penulis:

Fany Zahra

Universitas Bhayangkara Bekasi

Jadilah bagian dari Komunitas Campus CJ Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: campuscj6@gmail.com serta follow official Instagram @campuscj6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami

Artikel Selanjutnya
Hadir di XYZ Day 2018, Najwa Shihab Sedot Perhatian Pengunjung
Artikel Selanjutnya
Serunya Belajar Pitching di The NexDev Academy 2018