Sukses

Awas, Tidur dengan Lampu Menyala Berisiko Tinggi Terkena Kanker

Liputan6.com, Jakarta Jumlah jam tidur yang cukup, ternyata bukan satu-satunya indikator seseorang memiliki kualitas tidur yang baik. Banyak sekali faktor yang bisa berpengaruh terhadap kualitas tidur seseorang, tergantung dari gaya hidup, pola makan, serta jenis kegiatan yang dilakukan oleh setiap individu. Salah satu faktornya adalah pencahayaan. Beberapa orang terbiasa untuk tidur dengan lampu yang menyala terang. 

Tapi tahukah Anda, jika tidur dengan kondisi lampu menyala terang memiliki beberapa dampak buruk bagi kesehatan kita? 

1 dari 3 halaman

Kanker Dipicu Karena Terhambatnya Produksi Melatonin

Dilansir dari hellosehat.com, Joyce Walsleben, PhD., anggota asosiasi dosen di New York University School of Medicine, mengungkapkan bahwa salah satu bahaya tidur dengan kondisi lampu menyala adalah menghambat produksi melatonin yang bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker dan tumor. 

Hal ini dibenarkan oleh Dr. Richard G. Stevens, Cancer Epidemiologist dan profesor di Universitas Connecticut. “Melatonin butuh kegelapan, dalam gelap melatonin bangkit. Jika ada banyak cahaya pada malam hari, kurang tidur, maka kurangnya melatonin meningkatkan risiko kanker," kata Stevens seperti dikutip dari Medicaldaily.com.

Melatolin adalah salah satu jenis enzim yang mampu menjaga tubuh dari perkembangan sel kanker dan tumor. Ketika tidur dalam keadaan lampu menyala terang, sel melatolin tidak dapat berkembang dengan baik dan produksinya akan terhambat.

Meskipun demikian, bukan berarti ketika tidur dalam kondisi lampu menyala kita akan langsung terkena kanker. Masih banyak faktor pemicu kanker dan tumor lainnya yang akan memperparah kondisi tubuh. Seperti kebiasaan merokok, meminum minuman beralkohol, dan sering mengkonsumsi makanan junkfood. Terhambatnya melatonin saat tidur dengan lampu menyala merupakan bahaya yang masih tergolong kecil, tapi jika terus dibiasakan tentunya risiko yang ditimbulkan akan semakin besar.

2 dari 3 halaman

Tidur Dengan Lampu Menyala, Bisa Menghambat Produktifitasat Produktifitas

Selain memicu timbulnya penyakit mematikan, tidur dengan lampu menyala akan meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan tidur seperti insomnia, yaitu tidak bisa tidur dan terjaga semalaman. Akibatnya, konsentrasi akan semakin menurun, sering mengantuk saat bekerja, serta menghambat aktivitas sehari-hari sehingga Anda menjadi individu yang tidak produktif.

Nah, apakah Anda orang yang tidur dengan lampu menyala atau gelap?

Penulis :

Latif Munawar

Reporter Sahabat Liputan6.com

Jadilah bagian dari Komunitas Sahabat Liputan6.com dengan berbagi informasi & berita terkini melalui e-mail: SahabatLiputan6@gmail.com serta follow official Instagram @sahabatliputan6 untuk update informasi kegiatan-kegiatan offline kami.

Artikel Selanjutnya
Tidur dengan Lampu Menyala, Ini Bahaya yang Mengintai Anak-Anak
Artikel Selanjutnya
Sebaiknya Anda Tidak Makan 9 Makanan Ini Sebelum Tidur (2)