Sukses

Mau Coba Arung Jeram? Perhatikan 5 Hal Penting Ini Terlebih Dulu

Bagi pemula yang ingin mencoba, ada beberapa hal atau tips yang wajib dipahami sebelum mencoba arung jeram atau rafting ini.

Liputan6.com, Jakarta - Arung jeram atau sering juga disebut dengan rafting adalah olahraga yang memacu adrenalin. Sekarang ini, arung jeram bisa dinikmati tidak hanya oleh para profesional. Bagi pemula yang ingin mencoba, hal ini tentu saja tidak terlalu sulit kok, tapi memang ada beberapa hal atau tips yang wajib dipahami sebelum mencoba arung jeram atau rafting ini.

Nah, tips seperti apa sih yang dimaksud? Berikut ulasan lengkapnya tentang tips sebelum mengikuti olahraga arung jeram atau rafting khusus untuk pemula.

1. Sesuaikan Sungai

Tips yang pertama adalah memilih lokasi arung jeram atau rafting. Jika memang masih pemula, apalagi baru pertama kali ingin mencoba, sebaiknya pilih sungai dengan arus yang tidak terlalu ekstrem.

Beberapa contoh lokasi sungai yang cocok untuk pemula adalah Sungai Ayung di Bali, Sungai Citarik di Sukabumi, atau Sungai Progo di Kulon Progo Yogyakarta. Selain memang lebih jinak, arus di sana juga bisa dibilang tetap bisa memacu adrenalin.

2. Bersama Orang yang Berpengalaman

Biasanya jika kita ingin mencoba arung jeram atau rafting selalu didampingi oleh instruktur yang sudah benar-benar berpengalaman.

Nah, biasanya juga di setiap tempat arung jeram pasti memiliki skipper yang memang siap membantu untuk hal ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Perhatikan Briefing

Sebelum kita mulai arung jeram atau rafting biasanya akan ada pengarahan. Nah, sebagai pemula apalagi baru pertama kali akan mencoba olahraga yang satu ini, jangan hanya diam apalagi bercanda.

Banyak istilah atau aba-aba yang sebaiknya dipahami, seperti contohnya “boom” yang memiliki arti merunduk saat bertemu jeram yang agak berbahaya.

Selain itu, perhatikan juga apakah perlengkapan yang dipakai sudah benar-benar sempurna. Contohnya saja pemasangan life jacket dan helm. Jika memang masih kurang paham, jangan malu untuk meminta instruktur menjelaskan kembali.

Selengkapnya, baca langsung di: https://www.piknikdong.com/5-tips-yang-wajib-dipahami-sebelum-mencoba-arung-jeram-atau-rafting.html

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.