Sukses

Agar Tak Tertipu, Ini 7 Cara Bedakan Gadget Asli dan Palsu

Liputan6.com, Jakarta Kebutuhan teknologi masyarakat saat ini semakin lama semakin meningkat. Tentu saja barang-barang yang bagus semakin giat dicari banyak orang. Melihat pangsa pasar yang besar dapat mendorong sejumlah oknum untuk membuat barang palsu yang mirip dengan aslinya.

Berikut ini merupakan sejumlah tips untuk mengetahui tanda-tanda gadget palsu melansir Biright Side, Rabu (18/10/2017)

1. Cek Kemasan

Source: youtube CheckTheTech

Para manufaktur pembuat gadget biasanya sangat teliti detail dan berhati-hati dalam membungkus produk mereka. Oleh karena itu, hal ini bisa jadi salah satu tanda untuk melihat apakah kamu mendapat produk asli atau palsu.

Para oknum penjual gadget palsu biasanya cenderung mengabaikan pembungkus produk yang mereka akan jual. Sebelum kamu membuka lapisan plastik ataupun bungkus gadget pastikan dengan secara saksama. Perhatikan setiap detail pada bungkusnya.

2. Lihat buku panduan

Source: Brightside.me

Buku panduan bisa juga menjadi poin penting untuk melihat produk gawai asli atau palsu. Biasanya buku panduan pada gawai juga mempunyai versi bahasa sesuai dengan negara tempat asal yang kita beli. Jika hanya terdapat buku panduan dengan bahasa yang tidak kamu mengerti, ada kemungkinan gadget merupakan barang selundupan atau barang palsu.

 3. Perhatikan jenis bahan yang digunakan

Source: imgur.com

Hal yang perlu kamu ketahui dari barang asli yakni bahan yang mereka gunakan. Biasanya barang asli selalu menggunakan kualitas yang baik dan tidak ada bagian yang telihat cacat. Barang yang murah dapat terlihat dengan jelas dari bagian plastik yang mereka gunakan. Akan terasa dengan jelas bahan dan tekstur yang digunakan pada gadget asli dan palsu.

2 dari 3 halaman

4. Jenis tulisan

Meningkatnya kemampuan barang palsu yang dibuat semirip mungkin dengan barang aslinya membuat kita sering kali tertipu. Biasanya bahan barang palsu pun dibuat sedemikian rupa dengan barang asli. Namun, kamu bisa mengtahuinya dari dari jenis tulisan pada merek smartphone atau gadget.

Tulisan logo dan merek barang biasanya akan bertahan lama dan tidak mudah hilang. Jenis tulisan sendiri biasanya dibuat secara khusus sehingga tidak mudah diduplikasi. Sehingga para oknum pembuat barang palsu sering kali membuat kesalahan dalam penulisan logo. Oleh karena itu, kamu juga harus detail dalam memperhatikan logo.

5. Lihat Charger-an

Source: imgur.com

Biasanya charger dibuat secara khusus yang dapat diadaptasikan sesuai di negaramu. Jika kamu harus membeli adapter lain atau charger terpisah ada kemungkinan menjadi tanda barang palsu. Kamu juga harus berhati-hati jika charger justru membuat smartphone menjadi lebih lambat dan panas. 

3 dari 3 halaman

6. Lihat kabel

Kualitas pada kabel juga bisa jadi tanda untuk membedakan keaslian barang. Pada bagian plug kabel, bisanya akan masuk dengan kuat ke dalam colokan USB. Sedangkan kabel yang palsu bisanya sering kali goyang ataupun sering lepas dari bagian colokan USB. Malahan biasanya colokan pada kabel yang palsu tidak sesuai seperti kedalaman pada bagian port USB.

7. Warna dan fisik smartphone atau gadget

Source: Youtube @Daniel Romero

Beberapa smartphone atau gadget palsu terkadang mempunyai warna yang sedikit berbeda dari aslinya. Selain itu, perhatikan pula bagian fisik dari gadget palsu, biasanya ada ciri khusus yang menonjol pada smartphone atau gadget sehingga membuat kita mudah mengidentifikasi apakah barang tersebut asli atau palsu. 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

Saksikan Video Pilihan di Bawah ini.

Loading