Sukses

Live Report:PENGUMUMAN KABINET JOKOWI JILID II

Bahagia Hingga Turunkan Kolesterol, Ini 4 Manfaat Sinar Matahari

Liputan6.com, Jakarta - Banyak alasan mengapa sinar matahari sering kali tidak disukai banyak orang. Biasanya paparan sinar matahari dapat membuat pigmen kulit menjadi gelap serta panasnya membuat kita justru lebih malas keluar rumah. Padahal sinar matahari memberikan kebaikan untuk organ tubuh kita.

Melansir Elite Daily, Sabtu (14/10/2017), berikut ini merupakan sejumlah manfaat lainnya dari sinar matahari untuk tubuh:

1. Untuk otak

Olahraga Otak Ini Bikin Anda Tambah Pintar

Terkena radiasi UV dalam sinar matahari dapat melepaskan hormon endorfin di dalam otak kita. Hormon tersebut terknal menghasilkan dan memicu perasaan senang. Sehingga itulah sebabnya terkadang saat kita di luar rumah dan terkena paparan sinar matahari, perasaan kita menjadi lebih senang.

2. Untuk darah

Ilustrasi warna darah haid. Foto: Womenshealthmag

Sinar UV dalam sinar matahari dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Fungsi dari sinar UV dapat membuat timbunan kolestrol dalam darah menjadi kandungan vitamin D.

 

2 dari 3 halaman

3. Untuk kuku

Ilustrasi kuku. (Sumber foto: isolatorfitness.com)

Selain memberikan vitamin D, Sinar matahari juga dapat melancarkan aliran darah sampai ke bagian kulit dan kuku. Hal ini dilakukan untuk membuat tubuh agar tetap dingin. Pada saat itu aliran darah juga menstimulasi terjadinya pertumbuhan pada kuku.

4. Untuk tulang

Amankah Terapi Chiropractic untuk Kesehatan Tulang Belakang?

Kandungan vitamin D dapat membuat tulang kita menjadi lebih kuat. Tidak hanya itu, sejumlah masalah kesehatan seperti kerontokan rambut dan mensruasi tidak teratur, serta jerawat bisa diakibatkan karena kurangnya kandungan vitamin D.

 

3 dari 3 halaman

Waktu yang tepat untuk terkena sinar matahari

Mengutip NCBI, tim penelitian dari Institute Cancer Research di Oslo menjelaskan untuk mendapat kandungan vitamin D yang tepat ialah pada waktu siang hari. Tidak lebih dari tiga sampai dengan lima jam. 

Jadi jangan takut untuk keluar rumah dan terkena sinar matahari. Namun, sebelum keluar rumah pastikan untuk menggunakan tabir surya secara rutin agar dapat menjaga kesehatan pada kulit. Juga minum air putih yang cukup agar tidak dehidrasi saat terkena paparan sinar matahari.

(Ai/Ul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Cuaca Panas, Kenapa Pusing Usai Terpapar Sinar Matahari?
Artikel Selanjutnya
3 Daerah Ini Ingin Gabung ke Jakarta