Sukses

Kombinasi Favorit, 6 Makanan Ini Berbahaya Dikonsumsi Bersamaan

Liputan6.com, Jakarta - Banyak kombinasi makanan yang sering kita jumpai, misalnya smoothie dan pasta dengan saus yang bermacam-macam. Namun, ternyata ada sejumlah kombinasi makanan yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan dan kurang baik untuk kesehatan.

Berikut enam kombinasi makanan populer yang dapat mengganggu pencernaan dan kesehatan.

1. Tomat dan Timun

Kombinasi selalu dijumpai saat akan mengonsumsi salad atau biasanya menjadi pelengkap di nasi goreng. Namun, sebuah penelitian menunjukkan bahwa menggabungkan dua sayuran ini dapat mengganggu jalur biokimia dalam tubuh.

Hal ini dapat menyebabkan kalsinasi dan pembengkakan yang berlebihan, serta vitamin yang terkandung dalam kedua sayuran tersebut tidak dapat dicerna dengan baik. 

2. Pasta dan Daging Cincang

Setiap membuat pasta atau membelinya, terkadang akan ada daging cincang di dalamnya. Kelenjar ludah menghasilkan ptyalin dan amilase yang mengubah karbohidrat (pasta) menjadi gula sederhana. Saat gula sederhana menutupi protein dari daging, mereka akan menciptakan campuran kimia berbahaya yang bisa menyebabkan diabetes dan CVD atau penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah. 

2 dari 3 halaman

3. Kentang dan Daging

Ternyata, kombinasi yang selalu kita jumpai ini adalah kombinasi makanan yang terlalu berat. Kanji yang terkandung dalam kentang memerlukan suatu cairan dalam pecernaan dan dan protein dari kebutuhan daging yang asam. Jika dimakan bersama, mereka akan terjebak di dalam perut dan membawa hal-hal tidak menyenangkan, seperti mulas, bersendawa, dan gas.

4. Susu dan Pisang

Kombinasi ini sangat populer di kalangan anak muda, terutama orang-orang yang mengikuti gaya hidup sehat. Kombinasi ini dianggap sangat bergizi dan persiapannya tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun, terdapat perdebatan dari beberapa ahli gizi terhadap kombinasi ini.

Ada beberapa ahli gizi percaya bahwa buah-buahan, terutama yang manis, harus dikonsumsi secara terpisah. Buah-buahan tersebut akan tinggal lama di dalam tubuh dan memperlambat sistem pencernaan, terutama ketika ketika dimakan dengan makanan lain. Sementara itu, susu juga akan lebih sehat jika dikonsumsi terpisah.

3 dari 3 halaman

5. Produk Olahan Susu dan Nanas

Buah asam akan membuat pencernaan menjadi lebih lambat, terutama di pagi hari. Selain itu, nanas mengandung bromelain, enzim kompleks yang dapat menyebabkan keracunan bila dikombinasikan dengan produk olahan susu. Jika mau, ganti nanas dengan buah lainnya yang lebih baik untuk produk olahan susu, misalnya buah plum.

6. Bir dan Kacang

Beberapa orang suka mengonsumsi bir bersama kacang. Namun, makanan yang  memiliki kadar garam tinggi, seperti kacang, dapat menyebabkan dehidrasi dan memungkinan konsumsi bir yang lebih banyak lagi. Simpan air putih ketika meminum bir untuk menghindari dehidrasi.

Penulis:

Meidiana Triani

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Saksikan video menarik berikut ini.

Loading