Sukses

Hamil Pertama, Ibu Ini Alergi dengan Bayinya Sendiri

PUPPP bisa terjadi pada satu dari 160 kehamilan di dunia ini.

Liputan6.com, Jakarta Pengalaman aneh diceritakan Summer Bostock dari Queensland, Australia. Pada kehamilan pertama, ibu 29 tahun itu mengalami kondisi Pruritic Urticarial Papules and Plaques of Pregnancy (PUPPP).

Seperti dilansir Mail Online, PUPPP merupakan kondisi seorang ibu yang alergi terhadap bayi yang dikandungnya. Dampak PUPPP sangat beragam. Pada kasus yang dialami Summer, ia menderita ruam gatal luar biasa di sekitar perut.

"Rasanya gatal bukan main. Rasanya sangat menderita. Saya bahkan tidak bisa mandi. Rasanya ingin muntah. Rasa gatalnya sangat intens dan di malam harinya saya tidak bisa tidur. Saya hanya bisa merangkul tangan suami semalaman,” kata Summer.

American Family Physician Journa mencatat, PUPPP merupakan kondisi yang sangat langka. PUPPP bisa terjadi pada satu dari 160 kehamilan di dunia ini. Untung saja, kondisi itu tidak begitu membahayakan ibu maupun janin yang dikandungnya.

Summer mengatakan gatal-gatal pada tubuhnya tiba-tiba menghilang sejak bayi itu dilahirkan. Ia mengaku sempat takut untuk hamil bayi berikutnya. Namun ternyata kondisi PUPPP hanya terjadi pada kehamilan pertama.

Benar saja, pengalaman mengerikan itu tidak lagi terulang pada kehamilan anak kedua dan ketiganya. “Namun setiap melihat ada strechmark, saya langsung panik,” kenangnya sambil tertawa.

(war)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini