Sukses

10 Peristiwa di Masa Depan yang Dapat Lenyapkan Umat Manusia

Ledakan sinar gamma, mega tsunami, hingga bakteri yang kebal dapat memusnahkan umat manusia nantinya.

Liputan6.com, Jakarta - Jika kita amati kejadian atau peristiwa beberapa tahun terakir belakangan, kehidupan manusia di bumi kian hari semakin terus terancam. Mulai dari peristiwa seperti gempa bumi dan Tsunami, atau bahkan bencana lain yang dibuat oleh manusia sendiri seperti perang nuklir dan pengrusakan laut dengan asidifakasi (pengasaman). Lebih dari itu, berikut ini 10 peristiwa di masa depan yang benar-benar bisa melenyapkan kehidupan manusia dari muka bumi:

1. Ledakan Sinar Gamma

Bintang Wolf-Rayet WR 104, yang berjarak 8000 tahun cahaya dari matahari, berkemungkinan akan meledak di hipernova dan akan menghasilkan ledakan sinar gamma yang mengarah ke bumi dalam sepuluh ribu tahun ke depan. Ledakan sinar gamma adalah ledakan sinar elektromagnetik yang diketahui paling terang di alam semesta.

Sinar gamma yang meledak di bumi akan dengan cepat meningkatkan radiasi ultraviolet, namun tidak terlalu besar. Sehingga efeknya tidak akan sampai menyebabkan bencana global. Namun begitu, hal ini akan menyebabkan reaksi kimia di atmosfer yang akan menciptakan nitrogen oksida dan gas nitrogen dioksida. Nitrogen oksida akan menguras habis lapisan ozon, menyebabkan terjadinya kabut fotokimia dan hujan asam nitrat. Pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki lagi di bumi.

2. Tabrakan dengan Planet Merah

100 juta tahun lalu, bulan terbentuk saat sebuah planet merah Theia bertrabakan dengan bumi. Tabrakan seperti itu di masa depan tentu saja akan menjadi akhir dari peradaban manusia di muka bumi.

Sampel dari permukaan bulan dibawa kembali ke bumi oleh misis Apollo 12, 15, dan 17. Para peneliti kemudian menganalisanya dengan enam batuan vulkanik dari mantel bumi. Membandingkan komposisi kimiawi keduanya, mereka menemukan bahwa bulan terbentuk karena adanya tabrakan di planet lain, Theia, dengan bumi.

Kasus serupa dikabarkan akan terjadi kembali di masa depan. Planet X (juga dikenal sebagai Nibiru) dikatakan sedang dalam perjalanan untuk bertabrakan dengan bumi. Meski NASA mengonfirmasi bahwa itu hanya gosip dan belum ada penelitian lebih lanjut. Namun kemungkinan bumi bertabrakan dengan planet lain tetap bisa saja terjadi, jika sudah waktunya manusia harus dimusnahkan dari muka bumi.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini