Sukses

Tukang Bangunan Temukan Sepasang Mumi Berusia 500 Tahun

Sepasang mumi itu diduga cucu dari seorang pejabat dari dinasti Ming.

Liputan6.com, Henan - Antropolog di Tiongkok tengah menjaga secara hati-hati sepasang mumi yang ditemukan secara tidak sengaja di Taikang, Zhoukou, Provinsi Henan. Mumi tersebut ditemukan oleh tukang bangunan yang tengah memasang pipa.

Mumi-mumi berusia 500 tahun itu diduga merupakan cucu dari Gu Zuo, seorang pejabat dari dinasti Ming (1368-1644) serta istrinya. Pakaian keduanya memiliki pola berwarna emas dan tampak terawetkan dengan baik.

Selain mumi, juga ditemukan batu nisan serta dua peti mati kristal. Sayang, ada beberapa spekulasi yang menyatakan beberapa barang berharga seperti pedang dan kipas dicuri oleh penduduk setempat saat makam digali.

Namun, pejabat setempat membantah pernyataan tersebut. Menurut pejabat yang tak disebutkan namanya itu, makam tersebut tak mungkin memiliki barang berharga karena sebagian besar pejabat di dinasti Ming hidup hemat.

Seperti dilansir dari South China Morning, penjaga keamanan telah dikerahkan untuk melindungi tempat kejadian. Menurut undang-undang setempat, peninggalan budaya menjadi milik negara dan pencuri peninggalan budaya akan dikenakan hukuman tersendiri.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.