Sukses

4 Spesies Hewan Ini Akan Kuasai Dunia Bila Manusia Musnah

Liputan6.com, Jakarta - Meski manusia seringkali dianggap sebagai penakluk, namun nyatanya manusia tidak sekuat beberapa spesies saat menghadapi ancaman dunia kiamat.

Dilansir dari Cracked, hewan-hewan berikut diyakini akan menguasai bumi saat manusia telah musnah.

1. Semut

Bila ada spesies yang mampu bertahan hidup saat kiamat terjadi, semut jawabannya. Hewan yang satu ini telah ada sejak 110-130 juta tahun yang lalu. Hal ini berarti, semut selamat saat bencana yang membuat dinosaurus punah terjadi.

Semut memiliki tingkat sosial seperti manusia. Mereka memiliki sistem kelas yang kompleks, ruang logistik, dan tentara yang menjaga sarang. Secara individu, semut memang sangat lemah. Tapi kekuatan mereka terletak pada kesatuan mereka.

Bila semut dari seluruh negara dan bahkan benua bersatu, kamu tidak akan membayangkan apa yang akan terjadi. Mereka berbagi sinyal kimia yang sama yang berarti memungkinkan mereka untuk berkomunikasi satu sama lain sebagai sekutu.

2. Burung bangkai

Bukan tanpa alasan burung yang satu ini dikategorikan hewan yang akan selamat saat semua makhluk sekarat. Saat hewan-hewan mati, membusuk, dan membuat jijik hewan lain, burung bangkai dengan santainya akan mematuk daging busuk tersebut.

Menurut ahli mikrobiologi, perut burung pemakan bangkai dapat menghancurkan hampir semua hal. Sebab, di dalam perut mereka hidup dua bakteri paling ganas: bakteri Clostridia yang menghasilkan racun dan Fusobacteria yang menghancurkan daging apapun.

Dengan kata lain, perut burung bangkai sebenarnya 10 kali lebih beracun dan mematikan dari apa yang mereka makan. Tak heran, isi perut mereka dapat dijadikan sebagai senjata kimia.

2 dari 3 halaman

3. Tardigrades

3. Tardigrades

Dikenal juga sebagai beruang air atau babi lumut, mungkin ukurannya hanya 1 milimeter, tapi mereka merupakan makhluk yang sangat tangguh. Hewan ini pertama kali muncul 500 juta tahun yang lalu dan bertahan hingga kini.

Hewan ini dapat bertahan pada suhu ekstrem mulai dari minus 328 derajat Fahrenheit hingga 300 derajat Fahrenheit. Mereka bahkan dapat menahan tekanan hingga 6.000 kali dari atmosfer.

3 dari 3 halaman

4. Tikus

4. Tikus

Dari jenis mamalia, tikus mungkin merupakan hewan yang bertahan bila kepunahan terjadi. Mereka tangguh, mudah beradaptasi, dan makan apapun.

Jan Zalasiewicz, paleobiologis dan penulis The Eart After Us, mengatakan kalau tikus akan mengambil kendali bumi saat hewan mamalia lainnya punah. Hal ini diamini oleh Dougal Dixon, paleontolog yang percaya jika dunia menghadapi peristiwa kepunahan besar, ukuran tikus akan berubah menjadi besar dan menguasai bumi.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6