Sukses

Jangan Diabaikan, Ini 8 Alarm Tubuh Kamu Butuh Olahraga

Tanpa disadari, terkadang tubuh mengeluarkan alarm yang menandakan kebutuhan akan olahraga. Seperti apa?

Liputan6.com, Jakarta - Sebenarnya tubuh sering memberikan alarm bagi kita untuk sadar berolahraga. Hanya saja kita suka ‘mematikan’ alarm itu, nanti sudah ada kejadian yang membuat tubuh kita terkapar di tempat tidur, baru sadar bahwa tubuh butuh olahraga. Saya pun mulai aware dengan alarm tubuh butuh olahraga ini. Karena jika ditunda-tunda kasihan juga tubuh ini.

Nah, 8 tanda tubuh butuh olahraga ini bisa digunakan sebagai ‘alarm’ penting bagi kita.

1. Terengah-engah saat naik tangga

Jika terbiasa menaiki lift, coba deh sesekali kamu ‘manjat’ ke kantor dengan menggunakan tangga. Tak perlu tinggi-tinggi, dua lantai saja sudah cukup. Jika baru naik separuh jalan, kamu sudah mulai terengah-engah, maka segeralah atur jadwal untuk berolahraga. Untuk kamu yang memiliki rumah dua tingkat, ini bagus banget, bisa mengukurnya dengan cepat.

Ketika melakukan aktivitas fisik yang berat, denyut nadi bertambah cepat dan kebutuhan tubuh akan oksigen meningkat. Napas yang terengah-engah menandakan tubuh kita kekurangan oksigen. Rutin olahraga bermanfaat melancarkan peredaran darah dan menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh.

2. Badan lemas dan lesu berkepanjangan

Perasaan lesu dan lemas yang tak kunjung lenyap bahkan setelah beristirahat, bisa jadi mengindikasikan kamu menderita chronic fatigue syndrome. Salah satu jenis pengobatan yang direkomendasikan oleh para ahli adalah dengan melakukan olahraga.

Selengkapnya, baca langsung di sini

Pengirim:

Rani Afandi

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.