Sukses

Ngeri, Cacing Pita 2 Meter Berhasil Dikeluarkan dari Mulut Pasien

Cacing pita, parasit dalam tubuh manusia ini sangat berbahaya bagi kesehatan

Liputan6.com, Jakarta Dalam sebuah jurnal yang diterbitkan New England Journal of Medicine, baru-baru ini dokter di India tercengang ketika mereka mengeluarkan cacing pita berukuran lebih dari 6 kaki dari mulut pasiennya.

Dr. Cyriac Phillips mengungkapkan, pasein tersebut sebelumnya sempat menjalani kolonoskopi, setelah mengalami keluhan rasa nyeri yang didapatinya pada bagian perut. Pada tes tersebut diketahui bahwa pasien tersebut menunjukan konsentrasi hemoglobin yang rendah dalam darahnya. Saat Cyriac Phillips melakukan kolonoskopi, dokter tersebut menemukan bagian dari tubuh cacing yag diduga merupakan cacing pita. "Itu adalah sebuah potongan bergelombang yang bergerak dan berasal dari tubuh cacing. Terdapat cacing pita pada pasien ini," ungkapnya

Setelah pemeriksaan awal tersebut, Dr. Cyriac Phillips melakukan endoskopi, yaitu sebuah prosedur medis dengan menggunakan kamera yang dimasukkan ke dalam perut pasien untuk melihat bagian usus. Selama prosedur, Phillips dan timnya mampu melihat gambar dari parasit panjang yang berada di usus kecil pasiennya tersebut.

Setelah melakukan berbagai pemeriksaan, dokter langsung mengambil tindakan kepada pasiennya tersebut, tim dokter dari Institute of Liver and Biliary Sciences Hospital di New Delhi, India, akhirnya mampu mengeluarkan cacing pita tersebut dengan cara menariknya melalui mulut pasiennya dengan menggunakan sepasang pinset.

"Kami menarik cacing pita itu dengan sangat hati-hati dan mantap, dan akhirnya pekerjaan itu berhasil kami lakukan sekitar 1 jam 15 menit. Sebelumnya, saya belum pernah melihat cacing pita seperti ini," ucap Dr. Cyriac Phillips.

Ketika cacing pita tersebut berhasil dikeluarkan dari tubuh pasiennya, didapati hasil yang mencengangkan saat cacing pita tersebut diukur. Cacing pita tersebut diketahui memiliki panjang 6,1 kaki dan diklasifikasikan sebagai Taenia solium, yaitu jenis cacing pita yang terdapat pada babi. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, sebuah pusat pengendalian dan pencegahan penyakit di India, umumnya cacing pita dewasa berukuran panjang antara 2 hingga 7 meter (6,5 – 23 kaki).

Setelah berhasil mengeluarkan cacing pita dari tubuh pasiennya tersebut, dokter meresepkan obat berupa praziquantel, yaitu obat yang digunakan untuk mengobati infeksi cacing parasit, dengan memiliki fungsi untuk membunuh telur atau larva cacing yang berpotensi masih tersisa di usus manusia. Dokter menyarankan pasien dan keluarganya untuk mengkonsumsi obat tersebut untuk jangka waktu selama enam bulan ke depan.

Phillips juga memperingatkan tentang kontaminasi makanan yang memiliki kemungkinan sebagai penyebab masuknya cacing pita ke dalam tubuh manusia, seperti daging babi. Ia juga menyarankan orang-orang untuk menghindari tempat-tempat dengan sanitasi yang buruk.

Penulis:

Soyid Prabowo

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6<

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini