Sukses

Cerita Seram di Balik Bangunan Bersejarah Peninggalan Belanda

Cerita-cerita perjalanan bangunan bersejarah tersebut kerap berunsurkan mistis.

Citizen6, Jakarta Gedung-gedung bekas peninggalan milik penjajah, khususnya yang dibangun oleh Belanda, menyimpan sejarah berharga. Bangunan bersejarah kokoh dan arsitektur kental khas Eropa terlihat klasik di zaman kekinian. Cerita-cerita perjalanan bangunan bersejarah tersebut kerap berunsurkan mistis.

Bukan tanpa sebab menyimpan cerita mistis, usia bangunan bersejarah yang sudah puluhan tahun dan sebagian besar terbengkalai terkesan menyeramkan. Meskipun menyeramkan, fungsi bangunan yang kini menjadi destinasi wisata tetap ramai dikunjungi wisatawan.

Kamu bisa merasakan kesan tersebut saat berkunjung ke Wisma Tumapel, yang berlokasi di dekat Balai Kota Malang. Bangunan bersejarah ini pernah berfungsi sebagai kantor pemerintahan saat Indonesia dikuasai Jepang tahun 1944. Bangunan ini pernah dijadikan kampus saat Indonesia Merdeka.

Wisma Tumapel di Malang

Selama beberapa tahun berikutnya gedung ini malah terbengkalai. Kini, Wisma Tumapel dikenal sangat angker. Beberapa ruangan sengaja dikunci agar tidak dimasuki sembarangan orang. Menjelang sore, pengunjung yang datang selalu diminta pulang lebih cepat agar tidak terjadi sesuatu yang berbahaya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Lokasi Uji Nyali

Rumah Sakit PTPN VI yang dibangun pada 1932 juga terkenal seram. Dahulu, bangunan yang berada di kawasan Kayu Aro, Otong, Jambi, ini digunakan sebagai klinik pekerja perkebunan. Namun, kian lama rumah sakit ini terbengkalai.

Cerita mistis beredar. Konon warga sekitar yang menjadi pekerja perkebunan sering melihat penampakan makhluk gaib. Bahkan, acara horor yang ada di televisi swasta kerap mengadakan syuting di tempat ini.

Rumah Sakit PTPN VI di Jambi

Tak ayal, rumah sakit ini dijuluki rumah sakit paling seram di Indonesia.

Gedung-gedung peninggalan sejarah apa lagi yang mempunyai cerita mistis di dalamnya? Kamu bisa membaca selengkapnya di sini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini