Sukses

11 Kebiasaan Wanita Jepang Ini Hindarkan Kamu dari Obesitas

Jika ingin memiliki tubuh langsing dan terhindar dari obesitas, kebiasaan wanita Jepang ini bisa diterapkan.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2012, WHO menyatakan telah terjadi wabah obesitas global. Lebih dari satu miliar orang dewasa di dunia (data tahun 2012, ya) mengalami kegemukan. Namun di tengah isu tersebut, ternyata ada satu negara yang tingkat obesitasnya rendah. Jepang! Jika presentase wanita dewasa di Amerika Serikat yang mengalami kegemukan adalah 34%, di Jepang HANYA 3%. Gila, keren!

Penasaran dong kok bisa, ya, perempuan di Jepang obesitasnya rendah?

Ternyata nih, ada beberapa kebiasaan hidup sehat orang Jepang, khususnya perempuan yang memengaruhi hal tersebut. Hal ini dituangkan oleh Naomi Moriyama dalam buku Japanese Woman Don’t Get Old or Fat.

1. Bahan makanan harus segar

Di Jepang, kesegaran bahan makanan seperti, ikan, sayur dan buah yang akan diolah adalah syarat utama dalam memasak. Saking pentingnya, di supermarket Jepang, makanan tidak hanya diberi tanggal kadaluwarsa, tapi juga petunjuk waktu kapan ikan, daging, sayuran atau makanan lain tersebut dikemas. Hidup sehat benar-benar sudah mereka terapkan di setiap sendi kehidupan, ya.

Kebiasaan ini tentunya baik untuk kesehatan karena makanan segar mengandung nutrisi yang tinggi. Enzim alami yang dimiliki makanan segar membantu tubuh mencerna makanan dengan cepat dan mudah. Berbeda dengan bahan makanan yang tidak segar, tubuh akan bekerja lebih keras menghasilkan enzim tersebut untuk mencerna.

2. Porsi kecil

Sering kita lihat di film-film Jepang mereka makan di mangkuk kecil. Rupanya hal tersebut sudah menjadi ciri khas orang Jepang. Kebiasaan ini sudah diajarkan sejak kanak-kanak di mana mereka makan sepertiga dari porsi orang Amerika. 

Karena sudah dibiasakan, maka lambung mereka pun ikut terbiasa dengan jumlah makanan yang tidak banyak. Ternyata, hal inilah yang membantu mengontrol berat badan!

Penelitian Maastritch University beberapa waktu lalu menunjukkan bahwa makan sering dengan porsi kecil dapat mempercepat metabolisme dan menurunkan resiko diabetes.

Menerapkan kebiasaan ini dibutuhkan waktu yang tidak instan lho. Ini bisa dimulai dengan mengurangi porsi makanan kita sedikit demi sedikit, sehingga lambung pun bisa beradaptasi. Nggak ada salahnya kita meniru kebiasaan ini.

Selengkapnya, baca langsung di sini

Pengirim:

Ranny Afandi

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini