Sukses

Menengok Si Jagur, Kapal Tenaga Surya karya Mahasiswa UI

Liputan6.com, Jakarta Melalui Si Jagur atau Jaya Satria Garuda, sejumlah mahasiswa Universitas Indonesia yang tergabung dalam Solar Boat Team (SBT) mengharumkan nama bangsa Indonesia sebagai bahari. Si Jagur, kapal bertenaga surya ini berhasil meraih peringkat ke-2 di Asia dan peringkat ke-15 di Dunia dalam ajang kompetisi Internasional Dutch Solar Challenge 2016 di Belanda.

Megusung konsep sumber energi terbarukan dan teknologi ramah lingkungan, Si Jagur mampu bersaing dengan kapal dari 5 tim yang berasal dari 14 negara. Tak hanya mengandalkan tenaga surya, kapal Si Jagur juga mengangkat desain kapal yang terinspirasi dari kapal khas Indonesia.

Kapal khas Indonesia ditampilkan pada desain Si Jagur yaitu jukung, yang memiliki konsep trimaran atau kapal dengan tiga lambung yang saling terhubung.

"Kehadiran para perwakilan Indonesia di kancah internasional menunjukkan bahwa Indonesia memiliki SDM yang tangguh dan siap bersaing secara global serta mampu memicu pertumbuhan inovasi dalam pemanfaatan energi ramah lingkungan di Indonesia,” kata Rektor UI Prof.Dr.Ir. Muhammad Anis, M.Met sebagaimana dikutip dari laman situs Fakultas Teknik UI.

Si Jagur yang memiliki panjang 6 meter serta berat 25 kilogram ini menggunakan bahan composite fiber pada body kapal. Sebagai penggerak, Si Jagur memanfaatkan solar panel 260 WP sehingga mampu mencapai efisiensi solar panel sebanyak 20%. Simak kelanjutan artikel dan video Si Jagur dengan mengeklik tautan berikut ini.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya yang sedang populer: Lowo Ireng Super Car Rakitan Mahasiswa ITS. Yuk, berbagi di Forum Liputan6.

Loading