Sukses

China Sulap Polusi Udara Jadi Berlian Hanya dalam Hitungan Menit

Partikel karbon yang dikumpulkan kemudian dikompresi untuk membuat cincin berlian.

Liputan6.com, Jakarta Seorang desainer Belanda bernama Daan Roosegaarde menciptakan sebuah berlian yang terbuat dari asap di China. Roosegaarde membangun sebuah gedung yang gunanya untuk mengisap polusi udara di China kemudian polusi udara itu diubah menjadi perhiasan.

Dilansir dari Shanghaiist, Roosegaarde mengatakan gedung setinggi 7 meter itu akan menjadi mesin penyaring dari udara luar yang tercemar, kemudian melepaskan udara yang bersih keluar. Gedung tersebut dapat membersihkan 30.000 meter kubik udara setiap jam dan berjalan dengan tenaga angin. Partikel karbon yang dikumpulkan, kemudian dikompresi untuk membuat cincin berlian.

China Sulap Polusi Udara jadi Berlian dalam Hitungan 30 Menit

Secara resmi, tanggal 28 Juni Roosegaarde meluncurkan “proyek bebas asap China” bersama dengan Kementerian Lingkungan Hidup China. Proyek ini dimulai pada musim panas ini di Beijing. Nantinya, kualitas udara di China akan meningkat 70-75 persen di sekitar daerah gedung yang akan dibuat. Kemudian, proyek ini akan meluas di seluruh penjuru kota di China.

China Sulap Polusi Udara jadi Berlian dalam Hitungan 30 Menit

Selain untuk memerangi asap di kota, 32 persen asap di Beijing mengandung karbon dapat berubah menjadi berlian setelah 30 menit dikompresi. Proyek ini nantinya akan menerima berlian kubus, yang merupakan sumbangan dari 1.000 meter kubik udara bersih. Uang dari hasil penjualan perhiasan tersebut akan disalurkan kembali untuk mengembangkan dan membangun gedung yang lebih bagus lagi.

Penulis:

Pamela Sandri

Universitas Pancasila

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini