Sukses

Kakek 80 Tahun Tiap Hari Jalan Kaki 20 Km untuk Bertahan Hidup

Setiap orang akan mengalami masa pensiun bekerja.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang akan mengalami masa pensiun bekerja. Menikmati sisa hidup dengan berfoya-foya atau melakukan hal-hal yang menjadi hobi yang belum sempat dilakukannya saat muda.

Namun jangankan berfoya-foya, seorang kakek berusia 80 tahun ini masih harus mencari nafkah untuk menyambung hidup keluarganya. Seorang kakek dari Filipina yang akrab dipanggil Manong Lauro (manong artinya abang)  harus berkeliling kampung untuk menjajakan bagoong, sejenis makanan ringan sejenis pasta yang terbuat dari udang atau ikan-ikan kecil. 

Kakek tua yang tak disebutkan namanya ini, setiap hari harus menjajakan dagangannya dari satu rumah ke rumah yang lain. Tak jarang rata-rata ia harus berjalan kaki sejauh 20 kilo meter agar dagangannya habis.

Bagoong adalah salah satu makanan ringan yang banyak disukai orang Filipina. Sebenarnya makanan ini juga banyak dijual di supermarket atau toko-toko makanan. Dan harganya pun cukup murah. Sehari, dengan berjalan kaki sejauh 20 kilometer, Manong bisa mengumpulkan uang sebanyak Rp 20 ribu-25 ribu.

Ia memilih menjajakan dagangannya tidak dengan sepeda motor atau naik angkot. Ia melakukan ini agar ia bisa lebih menghemat uangnya. Dengan uang yang ia peroleh yang jumlahnya tak seberapa ini, Manong bisa berbelanja sedikit beras dan kadang sedikit ikan buat keluarganya.

Dengan usia setua ini, Manong Lauro masih tetap bekerja keras. Banyak orang berharap Manong bisa memperoleh pekerjaan yang lebih baik atau bisa pensiun. 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini.


**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini