Sukses

Kampanye Peduli Lingkungan, Pria Ini Maraton Gendong Harimau

Citizen6, Jakarta - Paul Goldstein telah menyelesaikan empat lari maraton dalam satu minggu, mendaki Gunung Kilimanjaro, sampai tiba di London, semuanya ia lakukan dengan harimau jadi-jadian terikat di tubuhnya. Fotografer satwa liar ini melakukan hal tersebut bukan tanpa alasan. Ia begitu prihatin dengan nasib harimau belakangan ini.

Menurut Goldstein, populasi harimau di dunia semakin menurun. Hal inilah yang mendasari ia maraton sambil menggendong harimau yang terbuat dari alumunium. Setidaknya, jumlah harimau, khususnya di Kamboja, Vietnam, Laos, dan Cina menurun sebesar 40 persen dalam satu dekade terakhir.

"Pemburu berkeliaran di luar sana hanya demi uang yang tidak seberapa dari kulit harimau. Tidak dapatkah mereka bayangkan apa yang terjadi pada dunia bila semua harimau punah?" tutur Goldstein, seperti dilansir Daily Mail, Sabtu (23/04/2016).

dailymail 

Goldstein menambahkan, seperti kaviar dan foe gras, orang-orang membeli produk harimau sebagai bentuk kehormatan, kebanggaan, karena harganya mahal dan tidak ada alasan lain. Dua anak Goldstein sudah cukup beruntung karena masih bisa melihat badak dan gajah. Ia tak ingin cucunya nanti tak bisa melihat harimau di masa depan.

Sambil berlari maraton, Goldstein juga mengumpulkan sumbangan. Ratusan ribu poundsterling telah ia kumpulkan dari semua lomba maraton yang ia ikuti. Ia menyumbangkan uang tersebut untuk yayasan yang peduli terhadap keberlangsungan harimau di dunia.

dailymail 

Selain itu, ia juga tengah mengumpulkan dana untuk sekolah bahasa di dekat taman nasional di India. Ia ingin anak-anak di sana bisa berbahasa Inggris agar mereka bisa pemandu dan penjaga hutan tersebut ketika mereka dewasa.

Sayangnya, setelah 13 kali mengikuti maraton, mendaki Gunung Kilimanjaro, dan sebagian India dengan menggendong harimau, Goldstein mengatakan bahwa ia sudah waktunya pensiun.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

Loading