Sukses

Subject 09, Light Novel Spionase ala Indonesia

Light novel ini menceritakan mantan agen rahasia yang melawan pemerintah Republik Indonesia

Citizen6, Jakarta Novel ringan atau light novel (ライトノベル raito noberu?) adalah sejenis novel yang sering disertai dengan ilustrasi anime atau manga, biasanya ditujukan untuk pembaca remaja usia sekolah menengah. Light novel termasuk kata dalam kategori wasei-eigo, istilah dalam bahasa Jepang yang meminjam kosakata Bahasa Inggris, namun bukan bagian dari idiom Inggris.

Berbicara soal fiksi spionase, kita akan langsung membayangkan beberapa judul populer luar negeri, seperti Bourne, 007, The Day of The Jackal, Metal Gear Solid, Hitman, atau Splinter Cell. Negeri-negeri barat memang telah dikenal sebagai pabrik spionase pada dunia hiburan. Akan tetapi, tak semua karya spionase harus berasal dari barat.

Korudo Kiraru, seorang penulis light novel asal Bandung mendobrak batasan tersebut dengan membuat light novel berjudul Subject 09. Novel yang diilustrasikan oleh ilustrator bernama Ekkigo tersebut telah mengudara sejak 22 Mei 2015 lalu dan masih berlanjut hingga saat ini.

-

Subject 09 berkisah tentang perjalanan mantan agen rahasia yang diciptakan pada akhir masa pemerintahan Presiden Soeharto sebagai antitesis dari pergerakan oknum asing di daerah Nusantara. Agen tersebut tak memiliki nama, tak memiliki identitas, tak memiliki akta lahir, tak memiliki apapun yang dapat menghubungkannya dengan pemerintah, sehingga ia diberikan variabel “Subject 09” oleh para pelatihnya.

Sampai pada suatu hari, Subject 09 berbalik dan melawan pemerintah Republik Indonesia. Beberapa pejabat penting pemerintah mati mengenaskan, para ajudan pun meregang nyawa. Subject 09 mengamuk tanpa alasan. Sejak saat itu, dimulailah perang antara pemerintah dan Subject 09; konspirasi demi konspirasi terungkap dan kekacauan merajalela. Selain ingin menunjukkan bahwa kreator lokal mampu membuat fiksi spionase, Korudo juga memiliki cita-cita lain dari light novel yang ia buat.

- 

“Aku ingin berbagai instansi hankam di Indonesia menjadi referensi masyarakat kreatif lokal, bukan lagi CIA, bukan lagi DARPA, bukan lagi US Army seperti yang selama ini ditampilkan oleh Hollywood. Pada Subject 09, kamu bisa melihat ada anggota Grup 3 Kopassus yang tangguh, ada CQB ala Densus-88, ada pensiunan kolonel Marinir yang jenius, ada teknologi-teknologi Pindad yang keren. Aku berusaha menyuguhkan cita rasa khas Indonesia pada genre yang kebarat-baratan ini,” papar Korudo panjang lebar dalam rilis yang diterima Liputan6.com.

Korudo dan Ekkigo berharap bahwa light novel yang mereka kerjakan akan mampu menjadi salah satu ikon spionase di Indonesia. Untuk membaca light novel Subject 09, Anda dapat mengunjungi beberapa situs berikut:

• Official website: subject09.web.id
• Fanpage: bit.ly/subject09FP
• Wattpad: https://www.wattpad.com/story/40432904-subject-09

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.