Sukses

5 Fenomena Unik Ini Terjadi Sejak Peristiwa 'Kopi Maut Mirna'

Citizen6, Jakarta Kasus kematian Wayan Mirna Salihin, 27 tahun, di Olivier Cafe, masih dalam penyelidikan. Meski butuh waktu cukup lama, titik terang mulai terungkap di kasus ini.

Sebelumnya, Mirna tewas usai menenggak es kopi Vietnam. Dalam kopi tersebut, ditemukan tiga gram sianida yang membuat Mirna meregang nyawa. Nah, terkait peristiwa tersebut, ada beberapa fenomena unik yang terjadi. Apa saja?

1. Makin banyak orang menjadi detektif

Kasus Mirna yang menimbulkan teka-teki, secara tidak langsung merangsang banyak orang untuk ikut cari tahu siapa pelakunya, apa motifnya, dan segala hal yang berkaitan dengan kasus tersebut.

Bagi penggemar kisah-kisah detektif, kasus Mirna malahan membuat mereka kembali membalik-balik lembaran komik-komik detektif untuk dibaca, seperti Detektif Conan, Kindaichi, Q, dan lainnya. Dalam komik-komik tersebut, memang racun sianida sering digunakan sebagai senjata pembunuh.

2 dari 3 halaman

Pencarian kata 'Sianida' di mesin pencari, meningkat

2. Pencarian kata 'Sianida' di mesin pencari, meningkat

Meski sianida merupakan nama racun yang sudah familiar di telinga beberapa orang, ternyata masih banyak yang tahu apa itu sianida sebenarnya. Sejak terjadinya kasus Mirna, pencarian kata sianida di mesin pencari pun meningkat.

Di Google, misalnya. Terjadi peningkatan pencarian kata sianida. Sedangkan negara yang paling banyak mencari kata tersebut, sudah tentu Indonesia. Selain racun sianida, kata-kata lain yang meningkat pencariannya di mesin pencari yakni: asam sianida, sianida adalah, zat sianida, mirna sianida, kalium sianida, dan sianida emas.

3. Es kopi Vietnam makin populer

Meski sebelumnya telah banyak orang yang familiar dengan es kopi vietnam, namun setelah kasus Mirna, popularitas kopi yang satu ini justru meningkat. Terang saja, minuman ini memang menjadi media pelaku untuk mencabut nyawa Mirna.

Kopi yang satu ini memang tidak terkenal seperti capucino, frapucino, maupun jenis kopi lainnya. Kopi Vietnam memiliki kandungan kafein yang amat tinggi. Kopi Vietnam dibuat dengan metode drip kopi lalu dicampur susu. Selanjutnya, gerusan biji kopi dicampur susu kental manis.

3 dari 3 halaman

Nama Krishna Murti semakin dikenal

4. Nama Krishna Murti semakin dikenal

Nama Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya ini memang tengah naik daun. Sebab, beliaulah yang mengepalai penyelidikan kasus kematian Mirna. Tambahan lagi, beliau juga turun tangan saat serangan teror Sarinah beberapa waktu lalu. Namanya pun semakin dikenal masyarakat.

5. Kafe Olivier makin terkenal

Biasanya, seseorang akan menjauhi tempat yang menjadi lokasi kematian seseorang. Namun hal tersebut tak pernah terjadi dengan masyarakat Indonesia yang dikenal memiliki tingkat penasaran tinggi.

Masih ingat dengan kasus teror Sarinah baru-baru ini? Bukannya menyelamatkan diri, orang-orang justru menonton baku tembak polisi dengan teroris di tempat kejadian perkara.

Begitupula yang terjadi dengan Olivier Cafe di Grand Indonesia Mall. Meski tergolong kafe mewah untuk orang-orang berduit, nama kafe ini justru membuat orang penasaran. Banyak orang yang sengaja datang dan mencicipi kopi di tempat ini untuk merasakan saat-saat terakhir Mirna meregang nyawa. (sul)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6