Sukses

4 Kisah Mistis yang Menyelimuti Gedung Sate

Siapa sangka, salah satu ikon kota Bandung ini juga memiliki kisah menyeramkan

Citizen6, Jakarta Siapa yang tidak tahu ikon Kota Bandung yang satu ini sih, Gedung Sate. Dibangun pada tahun 1920, gedung berwarna putih dengan monumen tusuk sate di atasnya ini masih berdiri kokoh sampai sekarang meski usianya hampir mencapai satu abad.

Gedung yang sudah berdiri sejak masa Hindia Belanda itu menjadi saksi bisu perkembangan Kota Bandung. Selain menjadi saksi sejarah, rupanya Gedung Sate yang sekarang dijadikan pusat pemerintahan Jawab Barat menyimpan kisah mistis yang menyelubungi gedung ini.

Karena umurnya yang sudah tua, tak mengherankan jika banyak cerita-cerita mistis yang beredar tentang gedung ini. Berikut kisah-kisah mistis yang menyelimuti Gedung Sate.

1. Ada jenazah yang tertinggal

Di halaman depan Gedung Sate, terdapat tugu yang bertuliskan, "Dalam mempertahankan Gedung Sate terhadap serangan pasukan Gurhaka tanggal 3 Desember 1945, tujuh pemuda gugur dan dikubur oleh pihak musuh di halaman. Bulan Agustus 1952 diketemukan jenazah Suhodo, Didi, dan Muchtarudin, yang dimakamkan kembali di Taman Makam Pahlawan Cikutra. Jenazah Rana, Subengat, Surjono dan Susilo tetap berada di sini."

Banyak orang percaya bahwa banyak jenazah yang dikubur di sana tetapi tidak ditemukan. Tak ayal, penjaga Gedung Sate sering merasakan kehadiran sosok pemuda berpenampilan kuno ketika malam hari.

2. Ada pohon besar angker

Jika di halaman depan ada tugu angker, maka di halaman belakang Gedung Sate ada pohon besar yang dipercaya sangat angker.

Menurut pengakuan beberapa pedagang di sekitar Gedung Sate, pohon itu disinyalir dihuni oleh makhluk halus penguasa Gedung Sate. Bahkan, pernah ada cerita seorang pedagang yang tak sengaja buang air kecil dekat pohon besar itu, dan ia diganggu oleh makhluk halus menyeramkan selama 4 hari berturut-turut.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.