Sukses

Enam Museum Islam Paling Terkenal di Dunia

Museum-museum Islam berikut tak hanya terletak di negara Islam, tapi juga negara non-muslim

Citizen6, Jakarta Islam memiliki sejarah panjang yang meninggalkan banyak jejak dan mewariskan peradaban besar di berbagai belahan dunia. Dalam perkembangannnya banyak karya seni berupa kaligrafi dan keramik yang dihasilkan oleh peradaban Islam yang hingga kini masih bisa traveler jumpai di museum-museum Islam yang tersebar di berbagai negara-negara di dunia.

Museum Islam banyak dijumpai di negara-negara yang mayoritas penduduknya adalah umat muslim termasuk Indonesia. Tapi siapa sangka jika di negara-negara yang notabene Islam adalah agama minoritas juga memiliki museum bertema Islam yang keren seperti di Australia dan Kanada. Dikumpulkan Travelingyuk dari berbagai sumber, inilah 6 museum Islam paling top di dunia.

1. TOPKAPI MUSEUM, TURKI

Turki dikenal pernah menjadi pusat kekaisaran Islam terbesar di dunia yang dikenal sebagai Kekaisaan Ottoman. Pada masa jayanya di bawah kepemimpinan Raja Sulaiman, kekaisaran ini menguasai hampir seluruh daratan Eropa maka tak heran jika banyak peninggalan dan jejak-jejak Islam di hampir seluruh wilayahnya. Salah satunya adalah Topkapi Museum, sebuah museum Islam terbesar dan paling prestisius.

2. BAYT AL QURAN & MUSEUM ISTIQLAL, INDONESIA

Sebagai salah satu negara di dunia yang berpenduduk mayoritas umat muslim, Indonesia juga memiliki museum Islam yang keren. Tempatnya berada di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan bernama Bayt Al Quran & Museum Istiqlal. Traveling ke sana Anda akan banyak belajar tentang sejarah perkembangan Islam di Indonesia sejak abad ke-17.

3. MUSEUM OF ISLAMIC ART, QATAR

Di Doha, Qatar berdiri sebuah museum Islam yang memiliki koleksi dari berbagai belahan dunia mulai dari Asia hingga Eropa. Adalah Museum of Islamic Art, baru berdiri selama 7 tahun museum ini telah berhasil menjadi salah satu destinasi wisata sejarah sekaligus edukasi dari traveler di seluruh penjuru dunia. Museum ini menjadi yang pertama dan terbesar di kawasan Teluk Persia.

Selengkapnya, baca langsung di sini

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

**Ingin berdiskusi tentang topik-topik menarik lainnya, yuk berbagi di Forum Liputan6

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini