Sukses

6 Fakta Mengejutkan Tentang Mata Uang Zimbabwe

Di negara Zimbabwe yang terletak di Benua Afrika, uang sebanyak 100 triliun tidak ada artinya.

Citizen6, Zimbabwe Apa yang akan Anda lakukan bila memiliki uang sebanyak 100 triliun? Pasti Anda akan membeli rumah besar, mobil mewah, liburan keliling dunia serta melakukan hal-hal menyenangkan lainnya. Dengan uang sebanyak itu, mungkin harta Anda tidak akan habis sampai 7 turunan. Tetapi di negara Zimbabwe yang terletak di Benua Afrika, uang sebanyak 100 triliun tidak ada artinya. Bagaimana tidak, uang sebanyak itu hanya cukup untuk membayar ongkos bus saja.

Rusaknya mata uang Zimbabwe dikarenakan adanya inflasi terparah sejak 2009 silam. Pada tahun itu nilai tukar 1 USD Amerika sama dengan 35 kuardilium (35.000.000.000.000.000) dolar Zimbabwe. Karena rendahnya nilai tukar uang Zimbabwe, pemerintah setempat mengambil kebijakan untuk menghapuskan mata uang ini dan melakukan redenominasi. Pemerintah Zimbabwe memberikan himbauan kepada masyarakat untuk menukarkan uang yang dimiliki ke bank terdekat.

Uang 100 miliar dolar

Nilai mata uang Zimbabwe menjadi tidak berharga semenjak krisis. Bahkan nilai tukar mata uang Zimbabwe menjadi terburuk di dunia. Nilai mata uang dolar Zimbabwe mulai hancur berantakan pada tahun 2009 silam karena hiperinflasi tersebut. Hal inilah yang membuat pihak bank di Zimbabwe menerbitkan uang dengan nominal yang besar. Selengkapnya bisa Anda baca di sini. (ul/kw)

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini