Sukses

4 Cara Ini Bisa Cegah Kebotakan Rambut Kepala Pria

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah kebotakan pada pria. Apa saja?

Citizen6, Jakarta Kebotakan merupakan momok bagi kebanyakan orang, terlebih bagi pria. Meski disebut-sebut bahwa faktor genetislah penyebab utama kebotakan, namun kenyataannya banyak hal yang dapat membuat kebotakan terjadi. Baik stres, pola makan, maupun penggunaan sampo yang kurang tepat.

Lalu, bagaimana cara mencegah kebotakan tersebut? Berikut beberapa cara yang dapat ditempuh:

1. Menerapkan pola makan sehat

Rambut pun memerlukan nutrisi untuk tumbuh dan sehat. Biasakanlah untuk banyak mengonsumsi makanan berserat, serta sayur dan buah yang kaya vitamin dan mineral.

Selain itu, kurangi konsumsi gula yang dapat menjadi penyebab diabetes. Beberapa penelitian menemukan pria yang menderita diabetes dan hipertensi cenderung mengalami kebotakan.

2. Jauhi stres

Stres dapat menjadi salah satu penyebab kebotakan pada rambut Anda. Hal ini biasa dikenal sebagai Alopecia areata. Saat pria mengalami stres berat, sistem imun dalam tubuh akan menyerang folikel rambut. Hal ini membuat rambut rentan untuk rontok.

Meski demikian, gejala ini tidak permanen. Biasanya rambut akan kembali tumbuh saat stres teratasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

3. Tidak merokok dan menjauhi sinar matahari

Sebuah studi yang dilakukan terhadap 66 pasangan pria kembar di American Society of Plastic Surgery menemukan bahwa merokok serta terkena paparan sinar matahari dapat menjadi penyebab kebotakan pada rambut.

Sinar UV serta zat-zat kimialah yang membuat rambut rentan rontok untuk kemudian menjadi botak.

4. Ketombe

Ketombe pun dapat menjadi penyebab kebotakan pada pria. Masalah ketombe membuat rambut menipis yang berujung pada kebotakan. Atasi ketombe dengan menggunakan obat atau sampo yang banyak dijual di pasaran. (sul/kw)

 

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini