Sukses

5 Pantangan Bagi Penderita Penyakit Ginjal

Bila Anda penderita penyakit ginjal, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan. Berikut pantangan tersebut

Citizen6, Jakarta Satu lagi organ paling penting dalam tubuh manusia, ginjal. Organ yang berbentuk mirip kacang ini mempunyai fungsi penting pada tubuh yaitu menyaring kotoran dalam darah dan membuangnya dalam bentuk air urine. Jika tidak dirawat, ginjal akan mengalami kerusakan dan menimbulkan penyakit ginjal.

Penyakit ginjal menyebabkan terjadinya gangguan pembuangan kelebihan zat gizi yang diperoleh dari makanan. Untuk bisa dilakukan terapi nutrisi maka harus diklarifikasikan sesuai dengan jenis gangguan ginjal yang terjadi. Salah satu contoh gangguan yang dialami ginjal adalah gagal ginjal. Penyakit ini terjadi karena menurunnya fungsi ginjal secara mendadak.

Hal itu ditandai dengan menurunnya Glomeruli Filtration Rate (GFR) atau Tes Kliren Kreatin (TKK) dan ginjal tidak mampu mengeluarkan sisa metabolisme. Salah satu solusi masalah ginjal adalah dengan melakukan diet gagal ginjal akut.

Tujuan diet ini adalah untuk memenuhi kebutuhn makanan yang cukup tapi tidak membebani fungsi ginjal. Dengan diet ini kadar ureum dalam darah turun, keseimbangan cairan dan elektrolit terjaga, status gizi menjadi optimal dan bisa mempercepat proses penyembuhan.

Pengaturan diet harus memperhatikan dari tingkat keparahan gangguan ginjal masing-masing pasien. Namun secara umum, ada 5 pantangan penderita ginjal yang harus diperhatikan:

Ingin tahu cerita selengkapnya? Baca langsung di sini

Pengirim:

Ari Tunsa

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini