Sukses

5 Pekerjaan Paling Aneh Ini Hasilkan Gaji Tinggi

Pada zaman saat ini pekerjaan apapun dapat jadi pilihan karir.

Citizen6, Jakarta Pada zaman saat ini pekerjaan apapun dapat jadi pilihan karir. Tidak cuma pekerjaan konvensional dimana karyawan mesti duduk di depan meja kantor sambil kenakan setelan resmi, pekerjaan yang sifatnya tidak mengikat seperti food traveller juga dapat jadi pilihan karir.   

Ditambah lagi di Jepang, di negara ini semua aktivitas dapat jadi pekerjaan. Asal dikerjakan dengan serius serta penuh dedikasi, profesi yang remeh seperti bersihkan toilet atau yang hilang ingatan sekalipun bakal memperoleh penghargaan dari beberapa orang di sekitar. Berikut ulasannya seperti dilansir rocketnews24 pada Sabtu (28/3/2015).

1. Pencicip makanan anjing


Penasaran bagaimana para produsen makanan anjing memastikan formula rasa pas yang bakal disenangi oleh anjing? Bila perusahaan manufaktur biasanya melakukan eksperimen dengan memberi makanan produksi mereka pada anjing, di Jepang sistem pencicipan ini dapat dikerjakan oleh manusia.

Sesuai dengan apa yang Anda pikirkan, perusahaan manufaktur makanan hewan menggaji seorang profesional untuk mencicipi makanan anjing buatan mereka dan meminta sarannya untuk penyempurnaan formula, terdengar menjijikkan bukan?

Walau demikian nyatanya bayaran untuk profesi yang sekilas terdengar konyol ini cukup tinggi, yakni pada 10 ribu yen hingga 20 ribu per-hari. Dan sebatas informasi, harga sewa apartemen termurah di Jepang selama satu bulan yaitu 5 ribu yen.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2


2. Spesialis bau busuk


Nama resmi untuk profesi ini yaitu Olfactory Measurement Operators. Olfactory Measurement Operators termasuk dalam pekerjaan resmi yang dibawahi oleh pemerintah. Pekerjaan dari spesialis bau busuk untuk temukan sumber bau tidak enak berdasarkan laporan warga.

Tidak cukup hanya itu petugas pencari bau busuk juga harus meyakinkan supaya bau tak enak yang sukses dia dapatkan dapat diisolasi sedemikian rupa itu tak mengganggu kenyamanan lingkungan di sekelilingnya hingga perlakuan selanjutnya dapat dikerjakan.

Sekarang ini Jepang mempunyai sekurang-kurangnya 2 ribu spesialis bau busuk yang menyebar di beragam daerah. Mengapa jumlah orang yang tekuni profesi ini terhitung sedikit? Karena diperlukan sertifikat spesial untuk dapat memperoleh pekerjaan ini.

Butuh Anda kenali, Jepang merupakan satu dari sebagian negara didunia yang mengaplikasikan ketentuan perihal bau di lingkungan orang-orang. Nama ketentuan itu yaitu "Undang-undang Ingindalian pada Bau Menyengat". Lantaran terkait dengan penegakan undang-undang, jadi Olfactory Measurement Operators memerlukan sertifikasi nasional.

Jadi tak sembarang orang dapat melamar pekerjaan sebagai spesialis bau busuk ini. Ingin tahu berapakah upah yang didapat oleh seseorang spesialis bau di Jepang? 2, 5 juta hingga 5 juta yen per tahun. Sesaat upah rata-rata pegawai di Jepang sepanjang satu tahun menurut World Salaries yaitu 3 juta hingga 4 juta yen per tahun.

Foto: 108csr.com

3 dari 5 halaman

3


3. Tamu pesta pernikahan


Anda mau mengadakan resepsi pernikahan, namun jumlah tamu undangan yang dapat menghadiri resepsi tidak cukup? Janganlah cemas, Anda dapat menyewa beberapa orang untuk jadi tamu undangan di pesta resepsi Anda. Di Jepang, ada layanan persewaan yang bersedia menyewakan tamu untuk Anda.

Benar, di negara ini terdapat banyak perusahaan layanan yang bagian usahanya spesial tawarkan layanan penyewaan tamu undangan untuk pesta pernikahan. Dengan membayar beberapa cost, Anda bakal memperoleh tamu undangan yang dapat disuruh untuk memberi kata sambutan dihadapan beberapa tamu (umumnya dalam resepsi pernikahan di Jepang ada pemberian kata sambutan dari kerabat mempelai), menolong di meja penerimaan tamu, atau berpura-pura jadi rekanan kerja serta kerabat mempelai.

Yakin atau tidak, dalam sebagian tahun terakhir usaha seperti ini mulai marak di Jepang. Bayaran yang didapat oleh tamu palsu seperti ini biasanya sekitar 5 ribu yen untuk tiap-tiap pesta pernikahan yang di hadiri. Sudah pasti terkecuali honor, si tamu dapat juga memperoleh makanan serta bingkisan gratis.

Pekerjaan ini tak memerlukan ketrampilan spesial. Modal yang diperlukan hanya baju resmi serta sedikit kekuatan berakting. Tertarik untuk mencoba?

4 dari 5 halaman

4


4. Pencicip cuka


Anda pernah mendengar profesi sommelier? Sommelier yaitu pakar anggur profesional yang spesifikasi pekerjaannya yaitu mencicipi anggur. Pekerjaan ini banyak didapati di negara-negara penghasil minuman anggur seperti Italia serta Prancis.

Sommelier yaitu profesi yang memerlukan ketrampilan spesial serta pengalaman bertahun-tahun. Pekerjaan ini tidak perlu memerlukan sertifikasi. Oleh karena itu, profesi ini sangatlah dihormati dalam dunia kuliner.

Bila di Eropa ada yang namanya wine sommelier, di Jepang ada vinegar summelier. Summelier datang dari kata 'su' (cuka dalam bahasa Jepang) serta sommelier. Spesifikasi pekerjaannya sama juga dengan sommelier di Eropa.

Cuma saja yang dicicipi bukanlah anggur, namun cuka. Profesi unik ini dijalani oleh Mitsuyasu Uchibori, spesialis cuka pertama yang ada di Jepang. Pria paruh baya yang senantiasa tampak perlente kala bekerja ini miliki tugas untuk mencicipi cuka, memastikan tingkat kekentalan, serta derajat keasaman dalam produk cuka yang dibuat oleh perusahaan manufaktur atau usaha rumahan di Jepang.

Mitsuyasu Uchibori memperoleh keterampilannya dalam menilainya cuka lantaran keluarganya menghasilkan cuka di Prefektur Gifu sekita 130 tahun silam. Namun, mengingat profesinya cukup dihormati di Jepang, yang pasti honor yang ia peroleh untuk satu kali pencicipan cukup tinggi.

Foto: Wanitasalihah

5 dari 5 halaman

5


5. Pembiak serangga


Bila pekerjaan yang satu ini mungkin saja tak terlampau asing di telinga Anda. Di Indonesia, mengembangbiakkan serangga untuk maksud komersial adalah hal yang umum. Namun, pekerjaan seperti itu umumnya membuahkan bayaran yg tidak terlampau besar.

Bila di Jepang, pembiak serangga dapat memperoleh bayaran pada 3 juta hingga 5 juta yen. Tugasnya yaitu menjaga serta mengembangbiakkan semua tipe serangga, mulai dari yang menjijikkan seperti kecoak hingga yang mematikan seperti kalajengking, lakukan penelitian pada serangga-serangga yang dipelihara, serta menjualnya pada pembeli. Nampaknya pekerjaan yang satu ini memerlukan keseriusan kian lebih yang dipikirkan umumnya orang.

Pengirim:

Ade Sutisna

Link: http://beritakok.blogspot.com/2015/03/5-pekerjaan-paling-aneh-dengan-gaji-tinggi-di-jepang.html

 **Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini