Sukses

7 Tradisi Valentine Aneh dari Penjuru Dunia

Citizen6, Jakarta Tanggal 14 Februari biasa dikaitkan dengan hari kasih sayang. Pada hari tersebut, orang-orang akan bertukar hadiah, cokelat, dan mempersiapkan kejutan romantis untuk pasangannya. Demikian biasanya yang banyak dilakukan orang-orang pada hari Valentine.

Namun tahukah Anda beberapa negara ternyata memiliki tradisi aneh dan unik untuk merayakan hari Valentine tersebut? Apa saja?

1. Prancis

Di Prancis ada tradisi merayakan hari Valentine yang dinamakan “Une Loterie d’amour.” Pada hari yang ditentukan, laki-laki dan perempuan lajang akan masuk ke rumah yang berlawanan dan  berteriak memanggil satu sama lain sampai mereka semua berpasangan. Perempuan yang ditolak oleh laki-laki yang mereka panggil akan berkumpul di pusat kota. Di sana, mereka akan membakar foto laki-laki yang menolak mereka di api ungun sambil mengutuknya.

2 dari 4 halaman

2-4

2. Rumania

Terdapat acara yang mirip hari Valentine pada tanggal 24 Februari dan dinamakan Dragobete. Di daerah pedesaan, pemuda dan pemudi akan berkumpul untuk menari dan menyanyi di malam hari. Kemudian perempuan muda yang belum menikah akan berlari di ladang dan dikejar para pria muda. Jika sang gadis menyukai pria tersebut, ia akan memperlambat larinya agar tertangkap oleh si pria. Hal ini melambangkan keterlibatan informal satu sama lain.

3. Wales

Orang-orang di Wales merayakan hari Valentine dengan cara bertukar sendok. Namun bukan sendok biasa. Para pria akan mengukir sepotong kayu, menjadikannya sendok dan menawarkannya untuk orang yang mereka cintai. Sendok kayu tersebut merepresentasikan perasaan cinta mereka.

4. Finlandia dan Estonia

Sementara di banyak negara lain di dunia hari Valentine berkaitan dengan cinta dan perkawinan, orang-orang di Finlandia dan Estonia justru merayakannya sebagai hari persahabatan. Orang-orang akan bertukar hadiah dan kartu dengan sahabat mereka masing-masing.

3 dari 4 halaman

5-6

5. Denmark dan Norwegia

Dua negara ini mengadopsi hari Valentine dan membuatnya sesuai dengan budaya mereka. Pada hari Valentine, para perempuan akan menerima kartu berisi puisi dengan sedikit petunjuk pengirimnya. Mereka kemudian harus menebak siapa yang mengirimi mereka kartu berisi puisi tersebut. jika tebakannya tepat pria yang mengiriminya puisi mesti membalasnya dengan telur cokelat pada hari Paskah.

6. Korea Selatan

Pada tanggal 14 Februari, orang-orang Korea Selatan yang lembut akan merayakannya dengan berbagai macam hal seperti: hari bunga mawar, hari film, hari berpelukan, hari mencium, dan lain-lain. Pada bulan Februari, para perempuan memanjakan para pria dengan cokelat.

Sebulan setelahnya, giliran pria untuk menghujani pasangannya dengan cokelat. Namun pada bulan April para lajang akan membalas dendam dengan berkumpul di restoran untuk memakan “Jajangmyeon” yakni mie putih dengan saus kacang hitam. Hal ini sebagai tanda mereka berkabung.

4 dari 4 halaman

7

7. Jepang

Pria-pria di Jepang tak perlu khawatir pada saat hari Valentine. Para perempuan akan menghujani kaum pria dengan cokelat pada tanggal 14 Februari. Ada tiga jenis cokelat yang wajib mereka bawa. Cokelat untuk teman, atasan, orang tua, dan kerabat dekat; cokelat untuk orang-orang yang mereka temui di jalan, serta cokelat berkualitas tinggi untuk suami, pasangan, dan orang yang disukai.

**Ingin berbagi informasi dari dan untuk kita di Citizen6? Caranya bisa dibaca di sini